Cari

this my BLOG

Jumat, 30 Desember 2011

10 Mobil Konsep Terbaik di Tahun 2011

Perusahaan-perusahaan manufaktur otomotif dari seluruh pelosok dunia berlomba-lomba untuk menghadirkan kendaraan terbaik, baik untuk para konsumen atau untuk digunakan dalam dunia motorsport. Dari mobil yang mengandalkan desain tubuh yang menawan, mobil balap dengan performa tinggi yang tidak melupakan keamanan pengemudinya, hingga mobil yang mengusung mesin elektrik dan hybrid yang ramah lingkungan. Tahun 2011 ini pun kita telah melihat banyak mobil konsep yang cukup membuat para pencinta otomotif harus mengusap air liur dari dagu mereka. Berikut daftar 10 mobil konsep terbaik menurut kami di tahun 2011:

10. Geely Aeolus Concept

Mungkin belum banyak yang mengenal nama “Geely”. Perusahaan manufaktur mobil asal China ini telah menghadirkan sebuah mobil konsep hybrid bersama dengan salah satu anak perusahaannya, Chengdu Gaoyuan Automobile Industry Co. Ltd. Berbeda dengan mobil hybrid pada umumnya yang menggabungkan mesin berbahan bakar minyak dengan motor elektrik, mobil dengan nama Geely Aeolus Concept justru memanfaatkan tenaga angin.

Mengusung sistem Pneumatic Hybrid Subcompact, setiap silinder dalam mesin mobil ini
disambungkan ke sebuah tangki udara melalui sejumlah katup. Setiap kali pengendara menginjak rem, silinder mesin tersebut akan menarik dan memompa udara ke dalam tangki yang kemudian diteruskan ke motor pneumatic yang mendorong laju ban belakang. Geely Aeolus Concept dapat berlari hingga kecepatan 87 kilometer per jam dan menempuh jarak 120 kilometer. Mobil konsep yang datang dari dataran China ini rencananya akan hadir di pasaran pada tahun 2014 dengan harga USD8.000.

9. FondTech E-11

Ketika para produsen dan konsumen mobil mulai memikirkan mengenai teknologi otomotif yang ramah lingkungan, dunia motorsport belum bisa melakukan hal yang sama. Kenyataannya hampir semua kompetisi dihiasi dengan kendaraan-kendaraan bermesin besar dengan efisiensi bahan bakar yang rendah, serta tingkat gas buangan yang tinggi. Namun, tampaknya itu semua akan berangsur berubah, apalagi FIA dikabarkan telah mengajukan pengadaan kompetisi balap Formula E untuk tahun 2013 mendatang.

FondTech, sebuah perusahaan asal Italia, mengungkapkan proyek terbarunya yang menunjukkan adanya potensi penggunaan mesin elektrik untuk mobil balap berstandar Formula 3. Mobil balap konsep dengan nama FondTech E-11 Formula REV ini memiliki bobot sebesar 550 kilogram dan memiliki tiga pak baterai lithium-ion di bagian bawah tubuhnya. Dua motor elektrik yang mendorong keempat ban mobil ini mampu menghasilkan kekuatar sebesar 150kW atau 200hp.

8. Honda Micro Commuter Concept

Tokyo Motor Show 2011 merupakan salah satu event yang banyak dinanti para pencinta otomotif. Beragam model mobil terbaru yang siap memenetrasi pasar otomotif dunia dan deretan mobil konsep dari beragam perusahaan manufaktur otomotif dunia siap menghibur para pengunjung. Tentu saja event seperti ini tidak akan dilewatkan oleh salah satu jagoan dari Jepang sendiri, Honda, yang memperkenalkan tujuh kendaraan konsepnya.

Dari ketujuh kendaraan konsep yang dihadirkan Honda dalam acara tersebut, bagi kami ide di balik Micro Commuter Concept lah yang terbaik. Mobil elektrik berkapasitas dua orang ini mengusung desain city car yang mungil dan futuristik. Pengemudi tidak perlu lagi menyetir menggunakan roda setir konvensional, melainkan menggunakan dual joystick. Selain itu, mobil ini juga didesain khusus untuk menampung kendaraan konsep Honda lainnya, yaitu Motor Compo Concept, yang merupakan sepeda motor elektrik berukuran mini.

7. Audi Urban Concept

Berbicara masalah desain mobil yang menarik, bulan Agustus lalu Audi merilis gambar desain mobil konsep terbaru mereka yang menggabungkan desain mobil balap, fun car, dan mobil urban. Dengan kapasitas penumpang sebanyak dua orang, mobil ini tampaknya ditargetkan untuk menyaingin mobil Smart Fortwo. Hanya saja, mobil konsep dari Audi ini terlihat lebih menarik dengan atap mobil yang dapat digeser ke belakang untuk memberikan kesan desain mobil atap terbuka.

Mobil konsep elektrik yang dinamakan Audi Urban Concept ini dilengkapi dengan dua jok yang diposisikan agak rendah, serta deretan pedal dan roda setir yang dapat diposisikan sesuai keinginan pengemudi. Interior mobil konsep ini terbuat dari bahan polimer yang diperkuat dengan serat fiber untuk menghasilkan sebuah mobil yang ringan, serta meminimalkan pembuangan energi. Desain futuristik, warna putih dan guratan garis merah di bagian belakang, membuat mobil ini mudah menarik perhatian.

6. Mobil Bertenaga Thorium

Mobil bertenaga listrik atau angin tentunya masih kalah jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan sumber energi bernama “Thorium”!  Thorium sendiri merupakan sebuah logam dengan kandungan radioaktif yang kecil, tetapi mampu menggantikan peran uranium dalam sebuah reaktor nuklir. Seorang peneliti bernama Charles Stevens mencoba mengoptimalkan bahan ini sebagai sumber energi mobil dengan mengembangkan Laser Power System (LPS).

Stevens mengembangkan sebuah sistem generator turbin elektrik yang ditenagai oleh LPS. Dengan bobot sekitar 250 kilogram, unit generator ciptaan Stevens mampu menghasilkan tenaga sebesar 250kW atau sekitar 335hp, serta menggunakan sekitar 8 gram Thorium. Penggunaan satu gram Thorium dikabarkan sama dengan penggunaan 7500 galon bensin, sehingga unit generator milik Stevens tersebut akan mampu mendorong laju mobil hingga 5.000 jam atau 300 ribu mil.

5. Bentley Luxury Concept

Tampaknya tidak ada yang dapat memungkiri keabadian desain mobil klasik yang elegan. Di zaman modern dengan desain kendaraan yang semakin menyerupai props dari film Sci-Fi pun desain klasik masih menjadi inspirasi bagi sejumlah perancang mobil. Salah satunya adalah Andreas Fougner dari Bull Finch Visuals asal Swedia yang menggambar sebuah desain mobil konsep Bentley.

Terinspirasi dari bentuk sebuah kapal, Fougner menggambar mobil konsep bernama Bentley Luxury Concept dengan panjang tubuh hingga enam meter. Panel tubuh mobil ini dihiasi dengan garis kayu yang memberi kesan elegan dari mobil yang dibalut dengan cat berwarna putih ini. Fougner tidak lupa menggunakan beragam lampu LED sebagai pelangkap sentuhan modern dalam mobil konsep ini. Seperti yang pernah kami singgung sebelumnya, Bentley Luxury Concept ini mengingatkan kami akan mobil Captain Nemo dalam film The League of Extraordinary Gentlemen.

4. Mercedes-Benz F125

Tahun ini, Mercedes-Benz merayakan ulang tahunnya yang ke-125. Bersamaan dengan itu, perusahaan manufaktur mobil asal Jerman ini memperkenalkan dua mobil konsep terbarunya dalam event Frankfurt Auto Show 2011. Salah satunya adalah Mercedes-Benz F-125, sebuah coupe mewah bermesin “hijau” yang memiliki jarak tempuh yang memukau, yaitu seribu kilometer dalam satu kali pengisian daya baterai.

Mercedes-Benz F-125 dilengkapi dengan dua pintu gullwing dan empat motor elektrik yang ditenagai oleh fuel cell berbahan bakar hydrogen. Mesin yang dibenamkan dalam F-125 ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 231hp dan mencapai kecepatan maksimum hingga 219 kilometer per jam. Mobil ini dapat berlari dari kecepatan 0—100 kilometer per jam hanya dalam waktu 4,9 detik. Sayangnya, warna emas yang menghiasi pelek mobil ini merusak keseluruhan desain F-125.

3. BMW i8

Audi dan Mercedes-Benz, dua pemain besar di industri otomotif asal Jerman, masing-masing telah memperkenalkan mobil konsep terbarunya ke dunia. Tentunya, BMW, pesaing terbesar dari negara yang sama, pun tidak mau kalah. Setelah memperkenalkan konsep skuter elektrik, Motorrad E-Scooter, BMW menghadirkan dua mobil konsep yang mengusung desain arsitektur LifeDrive yang memastikan kenyamanan dan keamanan pengemudi, serta desain tubuh yang dinamis.

Dari kedua mobil konsep tersebut, BMW i8 lah yang paling menarik perhatian kami. Konsep supercar ini mengusung teknologi Vision EfficientDynamics dan menggunakan gabungan antara mesin elektrik di poros depan dengan mesin tiga silinder di poros belakang. Tenaga yang dapat dihasilkan oleh mesin ini pun terhitung sebesar 164kW atau 220hp.
Walaupun mampu berlari dari 0—100 kilometer per jam dalam waktu kurang dari lima detik, efisiensi bahan bakar menjadi fokus dari supercar ini. Mobil ini dapat menempuh jarak hingga 35 kilometer dengan tenaga elektrik saja dan konsumsi bahan bakarnya berada di bawah 3 liter/100 kilometer. Siapa yang tidak tertarik dengan supercar yang memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi?

2. Ferrari FX1-i1

Kecelakaan fatal dalam ajang balap Formula 1 merupakan risiko yang harus dihadapi oleh setiap pembalap. Apalagi mobil yang mereka kemudikan mampu melesat dengan kecepatan 200 kilometer per jam dan desain yang diusung masih menggunakan kokpit terbuka. Salah satu kecelakaan yang parah dalam dua tahun terakhir ini terjadi kepada Felipe Massa, pengemudi dari tim Ferrari, yang mengalami cedera parah ketika kumparan pegas dari mobil Rubens Bariichello menancap di helmnya.

Terinspirasi dari kejadian ini, Jacek Kolodziejczyk, seorang seniman grafis dari Polandia, menggambarkan sebuah desain konsep mobil F1 Ferrari dengan kokpit tertutup. Mobil konsep yang masih setia dengan desain mobil F1 konvensional ini diberi nama FX1-i1. Namun, akankah desain ini diterima oleh para penggemar dan penyelenggara F1? Akankah desain kokpit tertutup akan meningkatkan keamanan pengemudi secara signifikan?

1. Toyota Fun-Vii

Selain Honda, perusahaan manufaktur otomotif raksasa asal Jepang, Toyota, pun memperkenalkan sejumlah mobil konsepnya dalam event Tokyo Motor Show 2011. Salah satu yang paling menarik adalah Toyota Fun-Vii yang didesain dengan lekukan tubuh yang radikal dan seakan menggabungkan desain mobil compact hatchback dengan alat pangkas rambut elektrik. Setidaknya itulah yang kami lihat. Lalu, apa yang membuat mobil ini lebih menarik dibanding mobil konsep lainnya?

Ketika mobil konsep lainnya bergelut dengan masalah desain mobil yang elegan, sumber energi alternatif yang ramah lingkungan, dan tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi, Toyota Fun-Vii menawarkan sesuatu yang sama sekali berbeda. Exterior tubuh dan interior kokpit mobil konsep ini dapat berubah warna dan menampilkan grafik sesuai dengan keinginan pengendaraan. Interior mobil ini bahkan dapat menampilkan fungsi “Navigation Concierge” yang membantu pengendara untuk mendapatkan informasi perjalanan. Selain itu, Toyota juga mengintegrasikan sejumlah fungsi Fun-Vii dengan perangkat mobile, sehingga dapat dikontrol secara remote.
Itulah daftar 10 mobil konsep terbaik di tahun 2011 menurut kami. Konsep kendaraan seperti apa lagi yang akan ditawarkan oleh para perusahaan manufaktur otomotif di tahun mendatang? Mari kita tunggu dan lihat bersama!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...