Cari

this my BLOG

Selasa, 13 Desember 2011

5 Icon Video Game Paling Dikenang

Berhasil atau tidaknya sebuah game memang tidak hanya bergantung pada kemampuan developer untuk menghasilkan sebuah sistem permainan yang menyenangkan dan adiktif, tetapi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang lain. Sound effect dan soundtrack, plot, dan setting juga menjadi elemen yang cukup mempengaruhi, dan tidak terkecuali desain karakter yang dibawa.

Desain karakter yang mumpuni tidak harus tampil bagus secara visual, yang pasti kehadirannya mampu membawa nilai tambah tersendiri untuk game yang tampil tersebut. Dan beberapa karakter game mampu mencapai tahap tidak hanya sekedar dikenal begitu saja, tetapi melebihi eksistensi gamenya sendiri. Mereka menjelma menjadi icon untuk console/handheld di mana game itu berada. Sebuah kehadiran yang mendefinisikan game itu sendiri. Dari semua karakter yang mampu hadir itu, saya mencatat lima karakter ikonik yang paling dikenang dan tidak bisa dipisahkan dari console/handheld yang didukungnya.

5. Sackboy/Sackgirl dari Little Big Planet untuk Playstation 3


Kehadiran Little Big Planet memang  memberikan angin segar bagi Playstation 3 yang sempat mengalami kemunduran akibat dari kurangnya game-game eksklusif yang hadir untuk konsol itu. Little Big Planet hadir dengan membawa sistem permainan yang lebih cenderung ke community-based. Game ini memungkinkan para pemain untuk melakukan kustomisasi pada avatar mereka, menciptakan peta permainan sendiri, atau mencoba mengalahkan peta permainan yang dibuat oleh gamer lain.

Little Big Planet menghadirkan gaya permainan yang memungkinkan gamer melakukan manipulasi secara realistis pada benda apa saja. Yang membuatnya tambah menarik? Karakter kustomisasi yang menyerupai boneka sulam dari karung goni bernama Sackboy / Sackgirl yang menggemaskan dan mampu hadir dengan ekspresi-ekspresi yang lucu. Sackboy / Sackgirl mampu hadir sebagai sebuah karakter ikonik yang mampu mendefinisikan Little Big Planet itu sendiri, bahkan Playstation 3 sebagai konsol yang mengusungnya.

4. Master Chief dari Halo Series untuk XBOX dan XBOX 360


Halo memang merupakan game yang identik dengan konsol Microsoft, XBOX. Game First Person Shooter yang mampu menghadirkan plot yang cukup berat di dalam perperangan antar ras alien dan manusia ini memang fenomenal. Dengan sistem kontroler untuk FPS yang dapat dikategorikan adaptif, varian senjata dan pertarungan yang beragam, serta mode online yang cukup stabil membuat game ini mampu bertahan bahkan sukses luar biasa.

Yang membuatnya tambah menarik? Prajurit kuat luar biasa yang lahir dari produk penelitian super-soldier Spartan, bernama Master Chief. Dengan kostum hijau gagah dan helm kuningnya yang khas, Master Chief hadir sebagai seorang pahlawan yang berhasil menyelamatkan ras manusia dari perperangan melawan ras alien, Covenant. Kemampuan dan kepribadiannya membuat Master Chief dicintai oleh para gamer XBOX. Sebuah karakter ikonik yang tidak hanya melambangkan Halo, tetapi XBOX dan XBOX 360 itu sendiri.

3. Crash Bandicoot dari Bandicoot series untuk Playstation 1 dan 2

Jika kita membicarakan salah satu karakter game action-platformer yang paling dikenang ketika kita memainkan Playstation generasi pertama, maka pilihan kita akan jatuh pada Crash Bandicoot. Crash hadir dengan sistem permainan yang pada saat itu terbilang cukup adiktif. Mampu menggabungkan berbagai unsur permainan platformer dengan setting beragam, plot sederhana, musuh yang terbilang kocak, dengan tantangan-tantangan yang membuat kita akan terus mencoba dan mencoba.

Game Crash juga memiliki sound theme yang cukup apik dan mudah dikenang. Dan yang membuatnya semakin dikenang? Tentu saja karakter Crash yang penuh dengan lelucon dan terlihat menyenangkan. Naughty Dog sang developer mampu menghadirkan Crash yang begitu dicintai para gamer, dan membuatnya menjadi ikon yang kental dengan konsol Playstation pada masa itu.

2. Sonic The Hedgehog dari Sonic Series untuk Multiplatform


Sonic, si landak biru yang mampu lari dengan kecepatan sangat tinggi dan selalu siap melawan sang musuh besar, Robotnik memang menjadi salah satu karakter yang mampu bertahan melawan zaman. Mulai dari sekadar sebuah game platform dua dimensi, Sonic tetap bertahan bahkan hingga saat ini, mendapatkan berbagai spin-off genre game hingga karakter yang didesain tiga dimensi, membuatnya menjadi salah satu senjata utama Sega-sang developer. Rambut panjangnya yang berduri di belakang, sepatu merahnya, kaki kecilnya, bola matanya yang besar, dan bunyi koin khas setiap kali ia mendapatkannya membuat Sonic menjadi karakter yang sangat ikonik. Walaupun hadir untuk berbagai multiplatform dan tidak merepresentasikan satu konsol tertentu, tetapi Sonic mampu melambangkan Sega itu sendiri. Ketika kita melihat Sonic, maka kita membayangkan pasti membayangkan Sega dan bukan yang lainnnya. Sonic menjadi sebuah ikon game dan Sega itu sendiri.

1. Mario dari Mario Series untuk Nintendo


Tidak perlu diragukan lagi, Mario memang menjadi salah satu karakter paling ikonik di dunia game. Tukang ledeng berperut gendut, berseragam merah, dengan topi huruf “M” khasnya ini memang sudah hadir sejak video game mulai diciptakan dan mampu menuai kesuksesan sejak awal dihadirkan. Dunia memang terus berkembang, teknologi terus bertumbuh, dan Mario tidak pernah sekalipun mengalami kemunduran. Dengan tetapi mempertahankan ciri khas yang dibawanya, Mario hadir lebih dari 20 tahun menemani para gamer dengan jumlah game dan penjualan yang sudah mencapai angka yang super fantastis. Jika karakter game yang lain sekedar menjadi ikon konsol dan developer tertentu, Mario merepresentasikan semua Mario series, Nintendo, bahkan dunia game itu sendiri secara keseluruhan.

Semua karakter game ikonik ini mungkin akan bertahan hingga berpuluh-puluh tahun ke depan, tetap mempertahankan eksistensi walaupun perangkat keras dan lunak dunia game terus bertumbuh dan berkembang. Jikalau mereka suatu saat tidak lagi hadir dalam bentuk game terbaru, karakter ini tetap akan ada dalam ingatan para gamer. Karena mereka hadir dalam eksistensi yang melebih sebuah dunia game. Mereka merepresentasikan memori kita. Jika Anda merasa ada karakter lain yang pantas menjadi ikon game namun tidak dimasukkan di list ini, jangan ragu untuk berbagi.

Sumber:  http://www.jagatreview.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...