Cari

this my BLOG

Minggu, 06 Mei 2012

Review Singkat ASUS Maximus V Gen ROG Intel Chipset Z77



Untuk saat ini sudah beredar dan sudah release Mei ini. Tentunya sudah siap juga untuk menguji kemampuan motherboard yang dukhususkan untuk seri Ivy Bridge yang kebetulan muncul terlebih dahulu sebelum Processornya di release. Untuk kal ini akan dilakukan pengujian dan pengulasan lebih lanjut mengenai Motherboard dari ASUS yang merupakan motherboard yang mungil seri ROG yang tidak perlu di ragukan kemampuannya. Untuk motherboard yang akan di uji kali ini adalah ASUS Maximus V GEN Z77 merupakan motherboard tipe mATX.


Untuk pengujian kali ini akan dilakukan overclocking pada Core i7 3770K menuju ke 5,0GHz. Tentunya hal ini bukan menajdi kesulitan bagi motherboard mungil yang dipenuhi dengan fitur overclocking yang lengkap dan maksimal. Motherboard ini merupakan motherboard tipe ROG yang menjadi langganan untuk patra ethusiats gamer sejati. Tedapat fitur terbaru yaitu FAN Xpert 2 FAN yang merupakan system pengaturan Fan, selain itu juga ada fitur yang merupakan fitur andalan ASUS yaitu Smart DIGI+ Technology (Smart DIGI+ Key & Smart CPU Power Level), lalu ada USB 3.0 bagi yang menggunkan HDD eksternal dengan kecepatan transfer data yang lebih baik.

Dengan mengususng chipset Intel Z77 motherboard ini memang dikhususkan untuk mendukung kinerja dari Intel Ivy Bridge. Namun chipset Z77 dengan socket 1155 ini juga mendukung processor dengan tipe Sandy Bridge. Namun jika pada mobo ini dipasang processor Intel Ivy Bridge maka akan lebih terasa kelebihannya. Selain itu disini juga terdapat tambahan fitur dimana dalam motherboard ini sudah support dengan PCI-E 3.0 dengan bandwidth PCIe 16x.

REVIEW KEMASAN PRODUK
Diatas tersebut merupakan tampilan kemasan dari motherboard ASUS Maximus V Gen ROG Intel Chipset Z77 yang terdiri dari kabel SATA, SLI Bridge, dan lain sebagianya. Untuk Intel Z77 sudah mendukung generasi Intel yang terbaru dengan teknologi 22nm nya yang merupakan processor ivy bridge series. Namun juga support dengan seri Sandy Bridge dengan tipe socket yang sama yaitu socket LGA 1155. untuk chipset yang ditanamakan dalam Maximus V Gen ROG Intel Chipset Z77 juga sudah support dengan Intel Turbo bost 2.0. Yang menarik dan berbeda, ASUS MAXIMUS V GENE memberikan tambahan Mini-PCIE Combo Card. Pada satu sisi berupa slot Mini-PCIE. Pada sisi yang lainnya berupa slot mSATA, Oleh sebab itulah disebut Combo Card.

Untuk penampakan secara langsung tidak ada perbedaan untuk seri yang sekrang dengan yang sebelumnya. Tetap dengan warna khas ROG dengan balutan warna hitam dan merah untuk keseluruhan motherboard ini. Untuk di sisi processor terdapat pendingin atau heatsink pasif yang siap untuk menyerap panas dari Vram motherboard dan Chipset. Untuk motherboard dengan chipset Z77 ini sudah merupakan motherboard yang benar-benar support dengan PCIE 3.0 dan dipastikan banwitdh VGA akan naikd engan menggunakan VGA tipe PCIE 3.0. Hal ini dimunculkan karena kebanyakan motherboard yang sudah ada dengan PCIE Gen 3.0 masih belum mampu memfungsikannya dengan baik bahkan tidak ada perbedaan dengan PCIE Gen 2.0 meski motherboard tersebut berlabel PCIE Gen 3.0.Namun untuk Z77 ini lain dan benar-benar berfungsu dengan disandingkan ke Intel ivy bridge.

Untuk bagian ini anda akan melihat panel-panel yanga ada pada motherboard ini. Mulai dengan slot dispaly dengan HDMI, dilanjutkan dengan slot S/PDIF audio output connector, a USB BIOS flashback button, ROG connnect button, eSATA 6GBPs ports, 1 Gigabit LAN RJ-45 connector (Intel 82579V Gigabit controller),  four USB 3.0 ports and four USB 2.0 ports (one is used for rog connect). All the way to the right you'll spot the 8-channel analog audio outputs.


dengan melihat dari sis samping dan sedikit di kebawahkan terkihat betapa motherboard ini memiliki ukuran yang tidak sebanding dengan kemampuan dan tampilannya. sungguh sangat keren dan bikin ingin untuk memilikinya. Jika dilihat terdapat sistem yang lebih baik dari sebelumnya dimana ada Extreme Engine DIGI+ II that includes 8+4+2 phase (CPU, iGPU, DRAM) dan terdapat digital power kontrol dengan dua DIGI+ yang dikombinasikan dengan fungsi BIOS ROG dengan tipe UEFI. dan ada yang terbaru juga adalah sistem pre-configured memory IC profiles yang mempermudah dalam sesi tweaker untuk enthusiasts.

Untuk ASUS MAximus Gen V ini dilengkapi dengan 10k Black Metallic capacitors yang memberikan umur motherboard 5x lebih panjang dan memberikan suhu yang lebih rendah yang sebenernya motherboard ini memang diperuntukkan untuk penggunaan pendingin yang ekstrem. Selain itu motherboard ini juga siap untuk overclocking dengan frekensi yang sangat tinggi.

Jika dilihat dari sudut ini terlihat bahwa terdapat konektor 8 pin untuk arus pendukung dan untuk arus utama ada 24 pin konektor daya. Untuk memory yang didukung bisa mencapai 32GB DDR3-1866/1600/1333/1066MHz. Motherboard ini juga mendukung profil XMP yang bahkan bisa mendukung hingga 2666MHz melalui XMP tersebut.


Ketika motherboard ini dibalik pada sis selanjutnya maka akan terlihat konektor daya 24 pin ATX power, lalu ada aplikasi yang mendukung MemOK/GO button yang berfungsi untuk mencegah terjasinya kerusakan saat OC ekstreme pada kerusakan memory pada pengaturan BIOS. Sebuah port USB 3.0 tengah konektor dan kemudian port SATA dan sebuah pos statusnya diagnostik LED. Untuk Gen V ini mendukung 2 port SATA III dengan transfer rate 6Gpbs dengan RAID  0,1,5,10, sedangkan terdapat 4 SATA II dengan transfer rate 3Gbps dengan RAID 0,1,5,10.



Untuk motherboard ini juga memiliki Voltage check point yang bisa digunakan untuk mengeathui tegangan yang sedang diguankan, namun sayangnya tidak berupa slot yang bisa dengan mudah untuk pengukuran namun hanya berupa titik point saja.

Untuk slot yang terdapat dalam motherbord ini didukung dengan PCIE 3.0 x16 untuk single card dan untuk dual card berjalan dengan tipe x8+x8. Motherboard ini mendukung Nvidia SLI dan AMD CroosFireX. Selain itu juga support dengan LucidLogix Virtu MVP Technology.




dari gambar diatas telihat bahwa jika motherboard ini digunakan akan ada beberapa lampu LED yang menyala pada bagian dasar motherboard yang seccra langsung membuat nyala berupa garis yang terlihat pada bagian permukaan motherboard lebih tepatnya di bawah area VGA.


emikian review singkat yang mampu saya lakukan semoga membantu dan bermanfaat. Untuk selanjutnya tunggu untuk penjelasan teknologi yang ada di motherboard ini  hasil bencmark dari motherboard ini dengan menggunakan RIG berikut:
Mainboard
ASUS Z77 Maximus V GENE
Processor
Core i7 3770K
Graphics Cards
GeForce GTX 580
Memory
2x4096MB DDR3 2666MHz XMP CAS11 TridentX (1600 MHz at default).
Power Supply Unit
1200 Watt Gold certified
Monitor
Dell 3007WFP - up to 2560x1600
OS related Software
Windows 7 64-bit SP1 (latest patches & updates installed)
DirectX 9/10/11 latest End User Runtime
GeForce 263.09 WHQL
Software benchmark suite
SiSoft Sandra
Aida
3DMark06
3DMark Vantage
3DMark 11
Handbrake
Cyberlink MediaEspresso
CineBENCH 11.5
FryRender
Far Cry 2
Crysis 2

DItunggu yaaa . . :D



sumber: guru3d.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...