Cari

this my BLOG

Sabtu, 19 Mei 2012

Review Singkat ASUS Sabertooth Z77: Board tangguh dengan tampilan eksklusif

Banyak sekali produsen motherboard yang berlomba untuk menghasilkan motherboard yang kuat dalam mendukung chipset intel yang terbaru yaitu seri Z77. Untuk seri Z77 yang diperuntukkan untuk processor Ivy Bridges dengan dukungan socket 1155 yang secara tidak langsung merupakan socket yang sama untuk processor Sandy bridges. Dengan demikian merupakan alasan para produsen motherboaed untuk meluncurkan motherboard dengan chipset Z77 lebih awal sebelum processor Ivy Bridges belum diluncurkan.

Untuk kali ini akan dilakukan review mengenai salah satu motherboard dari ASUS yaitu ASUS Sabertooth The Ultimate Force atau baisa disebut dengan TUF. ASUS yang sudah terkenal dengan ketahanan motherbaord yang sangat tinggi dan sangat kuat untuk overclocking namun tidak segarang seperti seri ROG.

Board ini dimasukkan ASUS ke dalam jajaran TUF (The Ultimate Force) yang terkenal sebagai kelas motherboard yang “tangguh”. Ini adalah versi yang menggunakan chipset z77 pertama untuk kelas TUF. Sebagaimana pendahulunya, seri ini juga diharapkan untuk memenuhi kebutuhan workstation kelas mainstream.
Perubahan utama yang dilakukan apda seri Sabertooth untuk Z77 yang mendukung secara keseluruhan untuk Intel Ivy Bridges adalah dengana danya dukungan USB 3.0 serta upgarde yang dilakukan dengan menyesuaikan PCIE dengan sudah menggunakan Generasi yang ke 3 dengan PCIE 16x.

KEMASAN


Untuk kemasan produk dari ASUS Sbaertooth TUF ini jika dibuka kemasannya maka kita kan menemukan beberapa perlengkapan untuk mendukung kinerja dari motherboard ini. Terlihata danya kabel SATA yang memiliki jumlah yang cukup banyak karena board ini merupakan board untuk workstation dan akan dipasang dengan banyak storage. Selain itu juga anda akan mendapatkan SLI Bridge jika anda menginginkan menggunakan lebih dari 1 GPU.  
ASUS menyediakan perlengkapan khusus yang hanya disertakan pada kelas TUF nya yaitu Thermal Armor dan Dust Defender. Salah satu komponen penting dari thermal armor adalah dua buah kipas yang mengarahkan udara tambahan kedalam seluruh motherboard yang diselimuti ducting. Komponen lainnya adalah Dust Defender untuk mencegah debu untuk masuk kedalam komponen-kompenen penting seperti slot PCI dan Memory. Intel Z77 chipset Express mendukung 22nm generasi ke-3 dan corevgenerasi 2 i7/i5/i3prosesor soket LGA1155. Ini juga akan mendukung Intel Turbo Boost Technology2.0


Dengan tampilan yang sangat khas untuk seri TUF dari ASUS dengan balutan warna hitam krem yang sangat menarik dan kinerja pendingin yang lebih baik dari sebelumnya tentunya menambah ketampanan motherboard ini. Selain itu dengan dukungan USB 3.0 dan PCIE 3.0 motherboard ini siap untuk beraksi.






Untuk bagian panel dari motherboard ASUS Sabertooth ini memiliki perlengkapan slot S/PDIF audio output connector, a USB BIOS flashback button, 2 eSATA 6GBPs ports, 1 Gigabit LAN RJ-45 connector (Intel 82579V Gigabit controller), four USB 3.0 ports and four USB 2.0 ports. Dan jika kita liat sebelah jauh kekanan terdapat 8-channel analog audio outputs. Untuk Intel Ivy Bridges akan dilengkapi dengan IGP yang sudah tertanam dalam processor dan anda bisa mengambil gambar tanpa menggunakan VGA Add Ons dengan melalui slot HDMI yang sudah tersedia. Untuk bagian panel yang kosong tersebut anda bisa memsang kipas yang sudah disertakan oleh kemasan motherboard ini.

Anda bisa melihat bahwa seluruh area di sekitar socket tertutup oleh ducting hitam yang mengarahkan aliran udara. Ducting disekitar socket ini sengaja diarahkan ke arah prosesor untuk membantu menjaga suhu agar tetap dalam kondisi optimal. Uniknya, ducting ini tidak akan menimbulkan masalah apabila hendak menggunakan heatsink besar.
Fan yang disertakan dalam kemasan sebanyak dua buah fan bisa ditempatkan dalam perisai yang mensejatai moyherboard ini untuk membantu mengusir panas yang dihasilakan oleh VRam motherboard.




Seluruh motherboard ini deselimuti dengan perisai plastik yang disebut dengan TUF Armor Termal. Termasuk dua kipas yang bisa dimasukkan pada bagian yang bisa di buka di motherboard tersebut yang terlihat berbentuk persegi itu bisa di buka dan fan bisa dimasukkan. Untuk kinerja dari pendingain pasif yang sudah ada akan bekerja lebih baik dengan tambahan kipas yang sudah disertakan.

Terlihat adanya sebuah konektor untuk arus pada CPu yaitu konektor 8-pin. Board ini memiliki phase power dengan desain 8+4+4. Untuk memory yang bisa diguankaan adalah dengan mode dual channel yang bisa mendukung hingga 32GB dengan jumlah 4 DIMM. Untuk kecepatan memory yang didukung adalah DDR3-1866/1600/1333/1066MHz yang juga didukung dengan XMP Intel.

Terlihat adanya konektor dengan 24-pin untuk penyuplai daya untuk ATX dan keseluruhan motherboard
ASUS Sabertooth mendukung 2 buah SATA III 6GBbps utama yang berwarna coklat dengan dukungan RAID 0,1,5, dan 10 sedangkan untuk 4 SATA berwarna hitam adalah SATA II 3GBbps dengan RAID 0,1,5, dan 10. DSedangkan untuk port SATA III yang berwarna putriha dalah port yang disesuakan dengan ASmedia 1061.
Terdapat slot ekspansi yang melengkapi motherboard ini yang dilengkapi dengan 2 slot PCIe 3.0 16X (GPU tunggal dengan 16X dan dual GPU dengan 8x/8x), kemudian dilengkapi dengan satu PCIe 2.0 dan 3 PCIe 2.0 x1. Untuk 3 slot PCIe mendukung berjalannya Quad SLI dan Quad CrossFireX. Selain itu juga motherboard ini mendukung Lucid Logix Virtu MVP Technology.
Lucid Logix Virtu MVP Technology


Motherboard ini menggunkan komponen TUF, yang seperti ditawarkan pihak kompetitor yaitu MSI  yaitu military-standard components serta MOSFETs dan chokes.


Yang terbaru juga adalah DIGI + daya kontrol, Flashback fitur USB (menempatkan BIOS padaUSB stickmematikantekan tombol pada panel belakang dan itu flashing firmware).

Juga fitur baru adalah Network traffic shaping yang ASUS baisa disebut dengan  Network iControl, memungkinkan Anda untuk menetapkan dan mengontrol bandwidth Ethernet. Jadi jika Anda ingin memiliki bandwidth besar  saat men-download untuk game, anda bisa langsung mengatur ke profil ini.
Board ini juga memiliki fungsi MemOK! yang dapat diaktifkan dengan onboard button yang terletak disebelah kanan slot memory. MemOk! berguna sekali troubleshooting yang berkaitan dengan setting memori.


Dust defender melindungi masuk debu nya ke motherboard. Beberapa komponen penting yang dilindungi oleh Dust Defender adalah sebagai berikut :
Seluruh slot PCI-E dapat ditutup apabila tidak digunakan.


Terdapat juga penutup untuk slot memory yang tidak digunakan.

The UEFI BIOS






Sebagai catatan, BIOS ini sangat responsif saat digunakan. Fungi preset yang tersedia pada BIOS ini sangat membantu mencapai setting optimal tanpa banyak mengutak-atik. Walau bukan sebuah motherboard yang dikhususkan untuk para enthusiast dan overclocker tetapi setting yang terdapat pada BIOS dapat dikatakan cukup detail dan komprehensif. Tetapi sebagai sebuah motheboard kelas TUF, terlihat setting yang berkaitan dengan monitoring suhu dan voltage terlihat lebih detail pada board ini.

Utility

 Ai Suite II

Ini adalah paket utility khas ASUS. Semua pengendalian feature dikemas dalam satu paket ringkas yang cukup sederhana dan mudah dimengerti.
Paket tersebut berisi program-program seperti dibawah ini :
                                              TurboV EVO: Anda dapat mengoverclock secara manual on-the-fly
DIGI+ Power Control: Dengan DIGI+ Power Control Anda dapat mengatur berbagai element dari motherboard seperti CPU Load Line Calibration, CPU Current Stability, DRAM Current Capability, dan DRAM Voltage Frequency. Semua elemen ini berperan penting ketika Anda ingin mengoptimalkan kinerja sistem Anda terutama pada saat overclocking.
Sensor Recoder: Dengan aplikasi ini Anda dapat memonitor kondisi "kesahatan" sistem dalam jangka waktu tertentu. Anda bahkan bisa mengetahui suhu tiap komponen penting dengan cepat. Tujuannya adalah untuk memudahkan penentuan pengaturan aliran udara yang tepat untuk memastikan semua komponen berjalan pada suhu normal.

Dengan Ai Charger+Anda dapat mengcharge gadget yang Anda miliki 3 kali lebih cepat dari biasanya.
USB Charger+: Aplikasi ini memungkinkan mencharge gadget atau device yang Anda miliki dengan cepat walau sistem Anda dalam keadaan tidak aktif

USB 3.0 Boost adalah aplikasi yang dapat mempercepat USB 3.0 dengan menyimpan sebagian data ke memory (caching).
Network iControl: Sebuah trafic management software yang memungkinkan Anda mengatur aktivitas networking.
USB BIOS Flashback memungkinkan Anda mendownload BIOS terbaru dari internet dan dengan menggunakan fitur BIOS flashback untuk mengupdate sistem dengan BIOS terbaru
KESIMPULAN
Untuk motherboard dengan dukungan TUF atau The Ultimate Force dengan dukungan Thermal Armor layak sekali jika untuk menyandang gelar motherboard yang kuat untuk kinerja berat. Untuk teknologi pendinginnya juga sudah sangat baik dan merupakan kinerja yang paling baru untuk seri Sabertooth dari ASUS. Pendingin yang sudah didesain sedemikian rupa agar mendinginkan seluruh komponen dan membuat motherboard ini mampu menjaga kestabilan bahkan saat menyelesaikan pekerjaan berbeban tinggi dalm waktu yang lama secara terus-menerus.
Sistem pendinginan board yang terkendali dan dilengkapi dengan sensor suhu untuk seluruh komponen penting dan pengaturan tegangan secara independen (dengan tujuan menjaga suhu) membuat board ini menjadi sangat unik. Anda cukup melakukan sekali “tune up” untuk posisi dan kecepatan fan dengan memperhatikan suhu board secara keseluruhan. Setelah seluruh komponen didinginkan dengan baik, pekerjaan berat siap untuk “ditimpakan” pada sistem Anda.
Untuk fitur overclocking sendiri juga masih tersedia namun untuk kemampua OC nya tidak segarang seperti motherboard ROG dari ASUS. Memang pada dasarnya motherboard ini tidak di desain untuk overclocking  ekstrim. Namun untuk tampilan dari motherboard ini di desain sebagai motherboard untuk "OC dialy". Jadi dengan demikian user bisa melakukan overclocking ringan untuk meningkatkan performa untuk kebutuhan pekerjaan sehari-hari dengan rasa aman.
Garansi 5 tahun semakin membuat board ini cocok untuk Anda yang ingin menginvestasikan dana sedikit lebih dalam rangka membangun PC yang tangguh. Sementara itu, fitur-fitur seperti USB 3.0 boost USB Fast charging, USB+ charging, dan network iControl merupakan tambahan yang esensial untuk membuat PC Anda lebih nyaman digunakan.

Kelebihan

  • Thermal Armor , Thermal Radar dan Dust Defender
  • BIOS EUFI dengan fungsi yang lengkap dengan preset yang sesuai dengan kebutuhan pengguna
  • USB 3.0 Boost
  • USB 3.0 Fast Charging
  • USB+ Charging
  • Utility AI Suite II yang sangat lengkap
  • Fitur USB flashback yang berguna saat terjadi BIOS yang corrupt
  • Garansi 5 Tahun

Kekurangan

  • Harga tergolong tinggi, sedikit lebih tinggi dari seri ROG termurah untuk Z77
Cocok untuk: Workstation yang membutuhkan tingkat realibilitas tinggi dengan performa yang kencang

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...