Cari

this my BLOG

Selasa, 22 Mei 2012

Cooler Master Cosmos II review

Sudah saat untuk kembali melakukan review case untuk para gamer. Kali ini yang kan di review adalah case dari Cooler Master dengan tipe Cosmos II. Seperti apa tampilan dan kelebihan dari case ini mari kita simak bersama.

Untuk versi yang sebelumnya adalah Cooler Master Cosmos S, kali ini Cooler Master II memiliki ukuran full tower yang juga bisa dikatakan memiliki  ukuran yang ULTRA Tower. Dari tampilan luar yang terlihat secara sekilas memiliki ukuran yang lebih besar dari case normal pada ukuran full tower yang sudah mendukung format XL-ATX. Namun case ini sepertinya emmang memiliki ukuran yang lebih dari ukuran full tower.  Selain itu, casing CoolerMaster Cosmos II ini juga sudah dilengkapi dengan fitur yang berlimpah, seperti hard disk X-Docking, Cable-management, Front-Panel USB 3.0, fan Controller, dan bahkan dapat menampung 13 unit hard disk atau SSD sekaligus.



SPESIFIKASI


GALERY
Di atas merupakan tampilan kemasan untuk paket penjualan dari Cooler Master Cosmos II dengan tampilan Ultra Tower dengan berat 22Kg.
Kemasan case inis angat rapi dengan adanya perlindungan dengan sterofom yang dijamin tidak akan terjadi kerusakan pada kemasan tersebut seperti goresan atau semacamnya.
Dengan membuka kemasan dari case ini anda sepertinya akan lengsung memiliki keinginan untuk segera melakukan pemsangan hardware untuk reakitan PC game anda karena case ini memiliki banyak fitur, banyak sekali ruang yang sesuai untuk gamer, serta memiliki tampilan yang gelap eksotis.
Terdapat lapisan perlindungan ekstra berupa palstik yang melapisis body case untuk menghindari goresan.
Untuk bagian sisi kiri maupun kan dari case ini memiliki kemudahan dalam hal membuka atau menutup side panel dari case ini. Namun disayangkan pada case ini pada bagian samping kiri tidak terbuat transparan dengan bahan acrylic yang bisa membuat kita melihat isi case saat menyala.

Bagian belakang dari casing Cosmos II.
Terlihat adanya 3 lubang untuk memasukkan selang jika anda menginginkan untuk menggunkan water cooler. Selain itu dengan ukuran yang Ultra Tower ini anda bisa memasang VGA dengan jumlah yang maksimal dan menggunakan motherboard yang terbesar sekaliapun. Untuk tempat PSU juga sudah sesuai dengan penempatan di bawah atau di dasar case ini.
Dengan adanya pegangan dan penyangga yang terbuat dari aluminium ini mempermudah case ini untuk dipindah atau dibawa kemanapun tanpa harus khwatir dengan bobot dari case ini yang nantinya sudah terinstal hardware.
Cosmos II ini dilengkapi dengan sistem front-panel yang kaya akan fitur, seperti USB 2.0, USB 3.0, e-SATA, fan-Controller, audio, mic, dan lain-lain.
Pada bagian atas case ini terdapat penutup yang bisa digeser ke belakang dan nantinya akan terlihat adanya tombol power dan reset. Selain tombol power dan reset, juga terdapat 4 tombol untuk fan controller dan juga pengatur lampu LED fan apakah anda setting on atau off. Fan kontroller yang digunakan bisa sampai digunakan sampai 10 fan.
Pada bagian atas case dapat dibuka dan disana anada akan melihat adanya penyaring debu pada tepat dibawah penutup. Selain itu juga terdapat fan yang siap untuk membuang panas ke luar case ini sebanyak 2 buah fan. Namun dari case hanya mendapatkan satu fan di bagian atas.

Kembali ke bagian depan case, terdapat penutup di bagian depan atas ini bisa di geser ke bawwah dan anda akan menemukan slot-slot yang bisa digunakan untuk menaruh HDD atau DVD RW. Lebih tepatnya slot atau Drive bay ini bisa di isi dengan:
  • 5.25" Drive Bay x 3
  • 3.5" Drive Bay - 13 (2 from X-dock, Middle cage for 5 HDDs, Bottom cage for 6 HDDs)
  • 2.5” Drive Bay - 11 (converted from 3.5" cages)
Melepaskan penutup Drive-bay 5,25″ di casing ini terasa cukup mudah.

Sistem Hard disk X-Docking ini tidak menggunakan 
bracket sehingga pengguna hanya perlu men-slide langsung hard disk miliknya ke dalam docking ini.

Switch untuk membuka side panel kiri Cosmos II.
Jika anda membuaka bagian samping case akan anda temui sebuah cara pembuka yang memiliki kenyamanan yaitu dengan model pintu. Namun dengan membuka lalu sedikit mengangkat tutup samoing case ini anda akan bisa melesap penutup ini.
Untuk tampilan bagian dalam sangatlah menarik dan memperlihatkan bahawa case ini adalah case yang siap digunakan untuk para gamer. pada bagian dasar terdapat tempat PSU yang sudah sesuai dan ditambah dengan pengaturan kabel managemen yang sangat elegan. Terdapat dua kipas di samping tempat PSU yang isap untuk membuang panas dari HDD yang bisa ditempatkan di belakang fan tersebut.
Perlengkapan kabel mangemen yangs angat rapi akan anda dapatkan dengan melihat sis samping pada bagian kanan case ini. Selain itu juga tutp samping case kanan juga dilengkapi dengan engsel yang bisa dibuka dengan mudah dan dengan mengangkat ke atas anda bisa melepas pintu case ini.


Pada bagian atas case ini bisa dipasang kipas dengan ukuran 14cm sebanyak 2 buah, 12 cm dengan 3 buah atau dengan ukuran 20cm satu buah. Namun dari Cooler Master diberikan satu fan dengan ukuran 12cm 1200 rpm dengan tingkat kebisingan 17DBa.
Untuk membuang panas ke bagian belakang oleh pihak proddusen diberikan kipas satu buah ukuran 14cm dengan kecepatan 1200 rpm dengan tingkat kebisingan 19 DBa.
Jika di bagian depan terdapat slot untuk HDD dan DVD RW (drive Bay) tanpda disertai bracket namun untuk bagian dalam dilengkapi dengan bracket.
Bracket ini yang akan memberikan kemudahan user dalam memsang HDD di bagian dalam case baik di dalam bagian tengah atau di bawah di depan PSU.

Pada bagian bwah case tepat di depan PSU jika tempat fan yang sudah disediakan oleh produsen dengan dua buah fan ukuran 12cm 1200 rpm dan tempat fan ini di buka anda akan menmukan 6 tempat HDD yang siap menampung storage anda.

Kalau Anda masih belum menggunakan hard disk berjumlah banyak, Anda dapat melepaskan brackethard disk bagian atas casing ini untuk mengoptimalkan aliran udara di dalam casing.
Berbeda dengan casing lainnya, PSU sebaiknya dimasukkan dan dikeluarkan dari belakang casing ini. Anda harus melepaskan terlebih dahulu bracket PSU ini dan memasangnya di PSU yang akan digunakan, lalu dimasukkan dan dikunci dengan baut lagi ke dalam casing ini.
Bracket Storage di dalam casing ini dapat dilepas untuk mempermudah proses pemasangan dan proses membersihkan casing ini.


Bagian bawah case


Terlihata danya tombol power, fan kontroler, fan LED on or off.

Dengan menggunakan motherboard miniATX saja sudah terlihat betapa banyaknya tuang yang tersisa. dengan demikian motherboard ini siap untuk menampung motherboard dengan ukuran XL-ATX. untuk masalah kabel managemen sudah tidak perlu dikawatirkan lagi.

KESIMPULAN
Ukuran dan Desain Casing yang Mewah
Casing ini memiliki ukuran yang jauh berbeda dibandingkan dengan casing FULL TOWER pada biasanya, dimana Casing CoolerMaster Cosmos II ini memiliki ukuran yang sangat besar, hingga pihak Coolermaster sendiri menyebutnya sebagai casing ULTRA-TOWER. Sedangkan untuk desain bentuk casing ini masih mengacu pada kemewahan casing pendahulunya, Coolermaster Cosmos S.
Casing yang dilengkapi dengan Fitur Lengkap
Casing Cosmos II ini dilengkapi dengan fungsi fitur yang berlimpah dan lengkap, seperti Cable-management, Fan-controller, HDD X-Docking, Watercooling Set Support, XL-ATX , USB 3.0 Front-panel, E-SATA Front-panel, dan lain-lain.
Memiliki ruangan storage yang besar dan mampu menampung hingga 13 unit hard disk
Casing Cosmos II ini memiliki desain ruang storage yang mampu menampung 13 unit hard disk, dimana 11 unit hard disk dapat ditampung pada tempat penyimpanan internal dan 2 unit harddisk pada sistem HDD X-Docking. Ruang storage pada casing ini juga cukup fleksibel dimana Anda dapat melepaskan beberapa bagian bracket-nya jika sedang tidak digunakan untuk lebih mengoptimal aliran udara yang ada dalam casing ini.
Ruangan yang luas dan AirFlow yang baik
Dikarenakan memiliki ukuran badan yang besar, casing ini tentunya memiliki ruangan udara kosong yang lebih luas dibanding casing FULL-TOWER pada biasanya, ditambah dengan banyaknya fan yang dapat dipasang pada casing ini, aliran sirkulasi udara di dalam casing ini akan menjadi semakin baik.
Tidak hanya aliran udara saja, dengan semakin luasnya ruang kosong yang ada dalam casing ini, maka tingkat turbulansi udara antar tiap fan-fan yang didalam casing ini akan semakin sedikit, sehingga tingkat kebisingan yang dihasilkan fan-fan dalam casing ini menjadi lebih rendah, sehingga Andapun juga bisa menggunakan fan-fan berkecepatan RPM yang lebih tinggi dengan resiko peningkatan tingkat kebisingan yang tidak terlalu tinggi.
Kabel fan-controller yang berjumlah banyak dan semberawut
Fitur fan-controller pada casing mampu digunakan untuk mengatur kecepatan fan-fan yang ada dalam casing ini, hanya saja fitur ini menggunakan kabel yang jumlahnya tidak sedikit, sehingga membuat pengaturan kabel-kabel yang ada pada casing ini menjadi sedikit lebih rumit dan ribet untuk mengaturnya, walaupun casing ini memiliki sistem cable-management mumpuni sekalipun.
Kelebihan:
  • Desain Casing yang mewah
  • Bahan material casing yang kokoh
  • Dapat manampung data storage dalam jumlah banyak, mencapai 13 Unit harddisk
  • Desain Front-panel yang mewah dan sudah dilengkapi dengan Fan-Controller, USB 3.0 dan e-SATA.
  • Dilengkapi dengan fitur-fitur yang berlimpah
Kekurangan:
  • Kabel fan-controller yang terlalu banyak dan semberawut.
  • Harga casing yang mahal mencapai 400 USD.



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...