Cari

this my BLOG

Jumat, 06 April 2012

Review Singkat MSI Radeon HD 7970 Lighting Dengan Twin Frozr IV


Tentunya tidak asing dengan nama VGA yang satu ini, yaitu VGA seri HD 7970 yang merupakan VGA terbaru AMD dengan kinerja yang sangat ciamik. Dengan kemunculan VGA ini banyak sekali vendor yang melirik untuk melakukan pemaketan ulang (OEM) dengan berbagai fitur yang khas dari masing-masing vendor. Kali ini kan kita ulas menganai pemaketan ulang (OEM) VGA HD 7970 dari MSI dengan nama khas yang dimiliki MSI untuk VGA high-end yaitu MSI 7970 Lighting. Seperti apa penampilan VGA ini dan fitur yang dimiliki oleh VGA ini, simak berikut ini :

MSI yang merupakan vendor yang sangat dikenal dalam mengeluarkan VGA dengan kemampuan yang sudah disulap dan mampu menhasilkan kemmpuan lebih baik dari seri referencenya. Kali ini Msi mengambil tindakan dengan melakukan perakitan terhadap AMD HD 7970 XT Tahiti dengan menggunkan PCB yang berbeda dari reference, dengan demikian terbentuklah sebuah PCB dengan desain dari MSI yang memiliki banyak fitur overclocking.

Desain kali ini memang sangat berbeda dengan seri MSI lighting yang sebelumnya, perbedaan yang mencolok adalah digunakannya sistem revisi dari Twin Frozr III yang saat ini sudah menjadi dan digunakan pada MSI 7970 Lighting yaitu Twin Frozr IV. Dari VGA yang sudah siap untuk anda gunakan ini memiliki banyak fitur yang tersedia dan memiliki komponen yang terbaik. Terdapat header yang bisa digunakan untuk mengukur tegangan, dilengkapi dengan pre-overclocking yang bisa dilakukan pengguna dengan menggunkan aplikasi MSI Afterburner. Tentunya OC dengan menggunkan aplikasi akan diberi batasan tertentu agar aman dan tidak merusak hardware, namun jika anda ingin melakukan OC yang maksimal bisa dilakukan dengan manual.
Pket penjualan yang akan adan dapatkan jika membeli VGA ini adalah konverter daya  Molex untuk 8-pin PEG, Crossfire Bridgedan DP untuk konverter HDMI dan driver. Juga termasuk konektor kecil yang dapat Anda gunakan untuk memonitor tegangan dengan multi meter digital.

Dari VGA ini memiliki slot Display yang mumpuni untuk mendukung fitur AMD yang ternama yaitu dukungan terhadap tampilan Eyefinity. Dengan dibekali slot mini HDMI sejumlah 4 buah dan 2 buah slot display DVI, dengan demikian VGA ini mampu menampilakan dengan 6 buah layar monitor. Tentuny akan terasa sangat puas dalam bermain game dengan layar yang sangat lebar. :D

Masih seperti seluruh VGA seri Lightning generasi sebelumnya, VGA R7970 Lightning memiliki satu kelebihan yang menonjol, fitur Overclocking. Melihat komponen dan desain yang diberikan MSI di R7970 Lightning, nampaknya VGA ini dirancang untuk mendominasi berbagai macam benchmark dengan kemampuan overclockingnya. Mulai dari regulator daya yang bisa mensuplai arus dua kali lebih tinggi dari biasanya, sertifikasi Military Class III, dukungan triple-overvoltage dari software MSI Afterburner, dan masih banyak fitur lainnya yang berguna untuk memaksimalkan headroom overclocking dari chip Radeon HD 7970 yang terpasang padanya.

Dengan tampilan yang sangat meanrik dengan warna hitam dan sedikit garis kuning memberikan kesan yang keren pada VGA ini. VGA ini memiliki 4,3 miliar transistor dengan arsitektur 28m berbasis core Tahiti XT dengan kapasittas memori 3GB. Anda juga dapat menemui adanya desain pendingin yang sangat ampuh dalam menahan panas sekaligus mengusir panas keluar melalui bagian samping heatsink. Dengan heat pipe berjumlah 6 dengan ukuran 8mm tentunya bukan menjadi msalah bagi VGA ini untuk mngusir panas.
 
Kartu referensi untuk HD 7970 ini memiliki frekuensi core clock 925MHz dan memiliki memori clock GDDR5 yang berjalan pada 5,5 GBps. Namun dengan adanya seri Lighting ini bukan menjadi kesulitan untuk bisa menaikkan dari memori clock 5,5 menuju ke 6Gbps.

 Di sini kita dapat melihat bagian belakang, kartu akan masuk cukup banyak chassis apapun karena adalah 27 cm. Bagian belakang dilengkapi dengan backplate bagus, itu dipasang ke atas rempah-rempah hanya menyisakan sedikit untuk aliran udara untuk bergerak atas komponen
Fitur GPU Reactor yang diberikan MSI pada bagian belakang VGA R7970 Lightning ini merupakan sebuah capacitor bank yang diklaim bisa memaksimalkan clock GPU saat melakukan overclocking. MSI pun tidak lupa untuk menerapkan factory-overclock pada VGA Card ini, memberinya clock default sebesar 1070Mhz untuk GPU, dan 1400Mhz (efektif 5600Mhz) untuk video memory, salah satu factory-OC Radeon HD 7970 tertinggi yang pernah kami saksikan.




VGA ini juga dilengkapi dengan mode untuk multi GPU atau yuuntuk AMD biasa disebut dengan mode CrossFireX. Dengan adanya fitur ini Anda bisa memasang dua, tiga atau bahkan 4 VGA yang sama atau identik untuk mendapatkan kinerja yang maksinal. 


jika dilihat di bagian ats tepat dari konektor untuk multi GPU terdapat sebuah tombol swicth, tombol swicth ini merupakan fitur dmana VGA ini memiliki dua BIOS yang siap di oatak-atik. Dengan demikian terdapat dua macam jenis BIOS, untuk BIOS mode normal adan bisa melakukan OC namun secara terbatas saja, namun untuk BIOS yang satunya merupakan BIOS dengan mode aktif dan semua kunci keamanan sudah di hilangkan sehingga pengguna bisa melakukan OC semaksimal mungkin.

Untuk perlakukan OC dengan menggunakan mode ekxtreme atau dengan menggunakan pendingian nitrogen biasa disebut dengan LN2 sebaiknya langsung melakukan swicth pada BIOS VGA ini ke fase aktif. Karena dengan menggunakan LN2 tentunya akan memberikan suhu yang sangat ekstrem keapda VGA dan dengan mode aktif kiata bisa melakukan OC secara maksimal baik dalam menaikkan daya atau tegangan dan menaikkan clock speed. 

Setelah menyala anda bisa melihat sebuah array LED biru on / off yang menunjukkan fase daya aktif (fase 17 PWM desain).

  Anda akan perlu untuk menghubungkan kartu hingga catu daya Anda dengan dua konektor 8-pin PEG PCIe. Kami merekomendasikan power supply 550W untuk memulai dengan satu kartu saja.
 Jika Anda menggunakan termasuk kabel monitor tegangan maka Anda dapat menghubungkan multi meter digital untuk itu, di sini kita tekan memori berjalan pada 1,61 Volt.

PCB yang digunakan sangat menarik dan terkesan garang. MSI menggunakan komponen yang berkualitas dengan mode Military Class III, selain itu juga sudah menggunakan sebuag chip CopperMOS dan juga telah diguankan Hi-C Caps.


dari informasi yang beredar terdapat Chokes Solid State yang dilapisi dengan bhan campuran emas yang di muat dalam VGA ini. Emas kono mampu memberikan dispersi panas yang lebih baik dan anti korosi.
 


Untuk sistem pendingain yang diguakan yang merupakan seri revisi dari Twin Frozr III yang bisa disebut dengan Twin frozr IV ini memiliki bentuk yang sangat praktis namun memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap panas dan kemudian membuangnya. Untuk kipas yang diguankan juga sudah menggunakan teknologi anti debu atau bisa disebut dengan removal dust. Jadi anda tidak perli kwatir terhdap debu yang menempel di fan, krena dengan teknologi itu debu tidak akan menempel dan terhempas bersama panas.

Demikian review singkat mengenai VGA MSI R7970 Lighting dengan segala fitur dan teknologi terbaruu dari MSI. Tentunya Anda juga ingin tau bagaiman kemampuan VAG ini dalam memberikan fps dan tampilan terbaik untuk gaming. Tntunya review selanjutnya akan kami sampaikan untuk Anda.

sumber : http://www.jagatreview.com  www.guru3d.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...