Cari

this my BLOG

Jumat, 10 Februari 2012

Review Fractal Design Arc Midi: Casing Minimalis dan Elegan

 
Kali ni saya ingin melakukan review terhadap Casing yang merupakan casing yang digunakan untuk menaruh Gaming Mechine kamu. Untuk kali inis aya melakukan review terhadap Fractal Design Arc Midi yang merupakan casing dengan ukuran Mid Tower.



Walaupun memiliki ukuran form-factor yang lebih kecil, casing Fractal-Design Arc Midi tetap memiliki ciri khas desain casing Fractal Design yang simpel dan elegan. Ciri khas penggunaan 1 warna dasar saja pun masih dipertahankan. Namun, sekilas bahan casing Fractal Design Arc terlihat lebih tipis dari biasanya dan juga bobotnya terasa jauh lebih ringan dibandingkan dengan Fractal Design XL Black PEARL.

Seperti apakah bentuk dan fitur-fitur yang tersedia pada casing Fractal Design Arc Midi ini? Berikut FULL-Review dari Casing Fractal Design Arc Midi.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi singkat dari Fractal Design Arc Midi.

GALERI
Bagian Depan

Bagian Dalam

bagian samping dan atas

Bagian Atas Jika Penutup Atas Dibuka

Casing ini sudah dilengkapi fitur manajemen kabel.

Casing ini dilengkapi dengan bracket storage yang dapat menampung 8 unit hard disk ataupun SSD.

Setiap bracket hard disk ini dikunci dengan thumbscrew untuk memberi keamanan lebih kepada hard disk/SSD.

Bagian atas dan belakang casing ini sudah dilengkapi dengan 2 unit fan 140mm. Anda masih bisa menambah 2 unit fan 140mm lagi di bagian atas casing ini.

Bezel depan dari Fractal Design Arc. Anda juga masih bisa menambahkan 1 unit fan 140 mm lagi untuk mengoptimalkan aliran udara dalam casing ini. Sistem penguncian FAN di bezel depan casing ini sudah menggunakan sistem screwless. Anda dapat memasang dan melepaskan fan dari bezel ini tanpa menggunakan baut dan obeng. 

Ventilasi udara bagian bawah dari casing Fractal Design Arc juga dilengkapi dengan filter antidebu.

Bracket storage atas casing ini dapat dilepas ketika hard disk/SSD storage masih belum melebihi 4 unit. Anda membutuhkan ruangan lebih untuk memasang VGA card yang berukuran panjang dan besar seperti AMD Radeon HD6990.

Casing ini hanya memiliki 2 slot drive bay 5,25″.

Pengujian

Di pengujian kali ini, kami menggunakan hardware-hardware berikut yang akan dirakitkan di casing gaming Fractal Design Arc Midi.
  • PSU: CoolerMaster Silent Pro Gold 800 Watt
  • Motherboard: MSI X79A-GD65
  • Prosesor: Intel Core i7 3930K.
  • Memori: Team Xtreme 2400Cl10 8GB kit Quad Channel.
  • VGA Card: AMD Radeon HD7970 3GB GDDR5
  • Storage: WD Velociraptor 300 GB 10000 RPM

Bracket Storage hard disk dan SSD.


Fan Controller dari casing ini dapat digunakan untuk mengontrol kecepatan 3 unit FAN.

Kecepatan FAN dapat diatur dengan memutar potensiometer ini.

PCB dari fan controller yang sederhana.
Kondisi casing Fractal Design Arc Midi yang sudah dirakit dengan komponen-komponen PC.
Jika Anda membutuhkan ruangan lebih luas untuk memasang VGA card yang berukuran panjang dan besar seperti AMD Radeon HD6990 ataupun ingin membuat ruang lega lebih agar aliran udara di saat hard disk yang Anda gunakan masih belum melebihi 4 unit, maka Anda dapat melepaskan bracket storage  atas casing ini.

Sistem cable-management dari casing Fractal Design Arc Midi.

Cable-tie bawaan dari Fractal-Design Arc Midi dapat digunakan berulang-ulang kali, dapat dilepas dan dipasang dengan mudah.


Sistem cable-management untuk dilewati kabel data SATA.

Hasil Pengujian

Desain bentuk casing yang minimalis dan elegan.

Seperti produk Fractal Design lainnya, Fractal Arc Midi ini juga memiliki desain casing yang minimalis dan sederhana, hanya dengan satu warna dasar hitam saja. Walaupun begitu, casing ini masih memiliki kesan yang cukup elegan dan mewah.
Bahan yang kuat, walaupun tidak sekuat Fractal Design XL Black Pearl.

Bahan yang digunakan pada kerangka utama dan sidepanel penutup Fractal Arc Midi ternyata tidak sekokoh Fractal Design XL Black Pearl. Hal ini terlihat dari tebal sidepanel dan kerangka utama yang lebih tipis dan ringan, walaupun begitu casing masih tergolong kokoh dan kuat untuk kelasnya.
Desain aliran udara yang baik. Sayangnya, kelengkapan fan bawaan minim.

Casing ini memiliki desain aliran udara yang baik. Pertukaran dan aliran udara di dalam casing ini dioptimalkan dengan ventilasi udara yang luas, terutama pada bagian atas dan depan casing ini. Sayangnya, paket penjualan casing ini masih minim dalam hal cooling fan. Anda harus membeli 3 – 4 unit fan tambahan sendiri untuk mengoptimalkan pertukaran aliran udara yang ada dalam casing ini. Tentunya hal tersebut akan memakan biaya tambahan berkisar 250 – 500 ribu lagi.
Fitur cable-management yang hampir sempurna, tetapi kurang pas untuk beberapa motherboard tertentu.

Casing ini sudah dilengkapi dengan sistem cable-management yang sudah mumpuni. Pada proses perakitan, kami dapat dengan mudah merapikan kabel-kabel di dalam casing ini, apalagi ditambah komponen aksesoris cable-tie yang kuat dan dapat dibuka tutup dengan mudah. Sayangnya, cable management ini “hanya” untuk motherboard form-factor ATX yang memiliki lebar motherboard yang normal saja.
Ternyata fitur management casing ini akan mengalami sedikit permasalahan dimana para pengguna motherboard kelas Enthusiast, seperti ASUS Rampage Extreme dan ASUS Rampage Formula, yang memiliki form factor ATX dengan ukuran lebar dibandingkan dengan board biasa lainnya, tidak dapat menggunakan lubang-lubang cable management yang berada di kanan board (untuk melewatkan kabel 24-pin motherboard dan kabel 6-8 pin pci-e power). Hal tersebut dapat terjadi karena casing ini sudah tertutup oleh motherboard sendiri. Hal ini dikarenakan peletakan lubang cable-management pada casing ini letaknya langsung berpapasan di sebelah motherboardnya sendiri.

Walaupun nantinya tidak keseluruhan dan hanya sebagian saja lubang cable management ini tertutup dan sebenarnya masih dapat dilewati oleh kabel power 24-pin motherboard, tetapi kami tidak menyarankannya karena dapat membahayakan dan memberi resiko rusak atau patahnya PCB motherboard akibat gesekan dan tekanan dari kabel. Kami akan lebih menyarankan pengguna motherboard form factor ATX yang lebar, seperti ASUS Rampage Extreme dan ASUS Rampage Formula, untuk melewati kabel-kabel power 24-pin motherboard dan kabel 6-8 pin pcie-powernya keluar melewati belakang tray-motherboard saja tanpa harus menggunakan lubang-lubang cable-management yang tersedia pada tray motherboard.

Kesimpulan

Casing Fractal Design Arc Midi ini merupakan casing gaming yang memiliki desain yang minimalis tetapi masih memberikan kesan elegan dan mewah. Tidak hanya dari desain saja, casing ini memiliki fitur-fitur yang lengkap, aliran udara yang baik, dan mampu menampung 8 unit hard disk. Casing ini juga dapat menjadi rumah yang baik bagi komponen-komponen PC kesayangan Anda.

Kelebihan:

  • Front-panel sudah dilengkapi dengan USB 3.0
  • Tempat Storage data yang dapat menampung 8 unit hard disk/SSD.
  • Cable-management dilengkapi dengan Cable-Tie yang mumpuni.
  • Desain minimalis dan Elegan

Kekurangan:

  • Kelengkapan FAN pada paket penjualan masih minim.
  • Cable-management akan sedikit bermasalah jika menggunakan motherboard form-factor ATX yang memiliki lebar yang lebih.

sumber: http://www.legitreviews.com http://www.jagatreview.com http://www.techpowerup.com http://extreme.pcgameshardware.de

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...