Cari

this my BLOG

Sabtu, 25 Februari 2012

BrainDriver: Gunakan Otak Anda untuk Menyetir

Mimpi dan imajinasi yang tertuang di film-film sci-fi memang sedikit banyak membuat para ahli untuk “iseng” melakukan penelitian tentang perangkat-perangkat canggih yang mungkin dapat digunakan manusia di masa depan. Salah satunya adalah mobil yang akan menjadi idaman semua orang di masa depan. Mobil yang satu ini memiliki teknologi yang terhubung dengan otak manusia sehingga ia bisa digerakkan hanya dengan kekuatan pikiran. Teknologi tersebut terletak pada headset—yang sebenarnya didesain untuk video game—yang akan digunakan pengemudi selama menyetir. Pengemudi hanya perlu memikirkan untuk belok kanan, kiri, maju dan mundur. Hal ini bisa terjadi karena headset tersebut memiliki sensor yang terkoneksi melalui teknologi wireless dengan bagian-bagian lain mobil.
Teknologi BrainDriver bekerja dengan perlengkapan video kamera, radar, dan sensor laser yang akan memberikan tampilan 3D atas lingkungan sekitar. Pengemudi lalu menggunakan sebuah headset khusus dengan 16 buah sensor yang akan menangkap sinyal elektromagnetik otak. Sinyal tersebutlah yang akan diinterpretasikan oleh komputer yang bisa “dilatih” untuk memahami perbedaan pola-pola dasar tertentu, seperti ‘kanan” dan “kiri”.
Teknologi ini diciptakan oleh tim AutoNOMOS, bagian dari grup Artificial Intelligence, Universitas Freie, Berlin. Tim tersebut menyatakan bahwa teknologi ini hanya sebagai sebuah pembuktian bahwa kekuatan pikiran dapat dijadikan jalan untuk mengendarai mobil. Hingga kini, teknologi ini belum direncanakan untuk dikembangkan lebih luas dan digunakan untuk kepentingan komersial. Berdasarkan tes yang telah dilakukan, teknologi ini bekerja secara normal walaupun terdapat jeda beberapa detik pada saat perintah diluncurkan sampai mobil merespon perintah tersebut.
Pengetesan teknologi ini dilakukan dengan sangat hati-hati. Oleh karena masih berupa sebuah konsep dan jauh dari sempurna, teknologi ini dites di sebuah landasan pacu pesawat di bandara. Jadi, jangan pernah mencontoh percobaan di atas. Don’t try this at home!
Source: dailymail

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...