Cari

this my BLOG

Selasa, 07 Februari 2012

Mengirit Baterai Notebook dengan Browser yang Tepat

Browsing atau berselancar di Internet pastinya tidak lepas dari sebuah browser. Saat ini, banyak browser yang dapat Anda temukan dan digunakan secara gratis. Anda cukup mengunduh dan dapat langsung menggunakannya. Bagi sebuah PC desktop, tidaklah masalah Anda memilih browser yang mana. Akan tetapi, untuk notebook, ada kemungkinan pilihan browser akan mempengaruhi daya tahan baterai.

Sebuah Ide Iseng

Mungkin Anda, pengguna notebook, ada yang tidak menyadari bahwa browser satu dengan lainnya bisa menggunakan resource dengan intensitas yang berbeda. Tentu saja hal ini bisa terjadi karena masing-masing pengembang browser menggunakan metode yang berbeda dalam penggunaan resource atau kemampuan hardware PC. Pertanyaan yang menggelitik kami adalah “apakah perbedaan penggunaan resource tersebut dapat memengaruhi konsumsi daya secara signifikan?” Ini penting karena jika jawabannya adalah “ya”, kita bisa memperpanjang waktu browsing tanpa terhubung ke listrik hanya dengan memilih browser yang tepat.
Berdasarkan data yang kami dapat, ada empat browser paling populer yang digunakan untuk mengakses website Jagat Review. Empat browser itu adalah Firefox, Chrome, Opera dan Internet Explorer. Jadi, empat browser tersebut yang kami gunakan untuk melakukan tes daya tahan baterai sebuah notebook.

Metode Pengujian

Kami menggunakan notebook Asus Eee PC 1215B yang sebelumnya telah kami review.

Spesifikasi Notebook Asus Eee PC 1215B

  • Prosesor AMD E450 1.65 GHz L2 Cache 1MB
  • Memory DDR3 2 GB
  • Hard disk 320 GB SATA
  • Graphics  AMD Radeon HD6320
  • Layar 12″ 1366×768
  • Interkoneksi wifi 802.11bgn dan Bluetooth 3.0
  • Port USB 2.0, USB 3.0, HDMI, D-Sub, Audio In/out, Ethernet
  • Operation System Microsoft Windows 7 Home Premium 64
  • Daya Baterai 5200mAh
Sistem pengujian yang kami gunakan cukup sederhana dan Anda pun dapat melakukan pengujian ini.
1. Kami instalasikan empat browser tersebut dari website resmi. Jadi, versi yang kami gunakan adalah versi terbaru. Untuk pengujian standar kami tidak melakukan setting apa pun, mengingat sebagian besar pengguna setelah meng-install langsung menggunakan browser tersebut langsung apa adanya.
2. Power management kami setting di posisi balanced di setiap pengujian. Jalur data yang kami gunakan melalui jalur WiFi b/g/n yang merupakan standar yang banyak ditemukan di sebuah notebook.
3. Setiap browser menjalani pengujian dengan lima tab yang membuka website berbeda. Setiap tab akan melakukan refresh dengan durasi yang berbeda pula: mulai dari 50 sampai dengan 10 detik.
4. Daya tahan hidup akan dihitung dalam satuan menit yang di log dengan sebuah aplikasi battery monitor.

Mana yang Paling Ringan?

Setelah menjalani tes yang cukup melelahkan, akhirnya kami mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan. Ternyata browser Opera 11.52 berhasil mengungguli browser lainnya dengan catatan waktu 273 menit atau setara dengan 4 jam 33 menit. Dalam grafik tabel di bawah Anda dapat melihat pengaruh sebuah browser bila digunakan berselancar dengan menggunakan jalur WiFi.

Kesimpulan: Ya, Pilihan Browser Memang Bisa Mempengaruhi Daya Tahan Baterai!

Pada akhirnya, Opera 11.52 berhasil mengungguli browser lain dalam hal menghemat daya baterai pada notebook. Memang, dibandingkan FirefoX 8, Hanya terlihat perbedaan 20 menit saja dalam daya tahan baterai notebook. Akan tetapi, jika Anda bandingkan dengan IE 9 dan Chrome 15, perbedaannya mencapai kisaran 40 menit atau lebih dari setengah jam! Melihat dari hasil ini, jelas bahwa pilihan browser memang mempengaruhi daya tahan baterai. Terlepas dari kemampuan browser dalam mengolah data atau menampilkan efek tertentu dari sebuah website, Opera 11.52 adalah pilihan terbaik untuk menghemat baterai. Tentu saja, ini valid jika Anda tidak melakukan pengaturan khusus pada setiap browser.
Satu yang menjadi pertanyaan kami ketika selesai membuat tips ini: bagaimana jadinya bila browser Opera ini kita tweak atau setting? Apakah dapat memperpanjang hidup notebook lebih lama? Tunggu tips kami berikutnya mengenai cara mengatur browser Opera untuk mendapatkan daya hidup yang lebih lama dari notebook Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...