Cari

this my BLOG

Sabtu, 19 Januari 2013

Tips AMD, NVIDIA, dan INTEL Untuk Kinerja Lebih Baik

Tentunya kebutuhan akan kecepatan dan keefektifan dari kartu grafis baik yang terintegrasi atau yang berupa kartu grafis Add ons merupakan sebuah kebutuhan yang mutlak dimiliki oleh sebuah komputer. Lalu apakah VGA (kartu gravis) anda sudah mencapai kecepatan terbaiknya dalam melakukan proses data atau rendering ?. Tentunya jika sebuah VGA bisa dikatakan juga sebuah mobil dengan bekal kecepatan tinggi jika pengendaranya sangat minim kemampuan atau kurang untuk menghadapi liku jalan terbaru akan sulit mobil tersebut untyuk cepat melewati lintasan tersebut. Hal ini sesuai dengan sebuah VGA yang membutuhkan "Driver" agar VGA tersebut bisa berjalan di komputer anda. Setiap graphics card yang dijual dipasaran selalu dilengkapi dengan sebuah driver yang pada umumnya merupakan driver yang disediakan saat tanggal rilis dari graphics card tersebut, dan kemungkinan besar driver yang disediakan tersebut sudah tertinggal dan tidaklah aktual.


.
Apakah anda pernah merasa bahwa saat anda membeli sebuah perangkat komputer lengkap atau notebook dengan dibekali VGA baik dari produsen Nvidia, AMD, atau Intel anda kurang memperhatikan kinerja driver sesuai kebutuhan sesuai berjalannya waktu?, menurut pengalaman pribadis aya sendiri memang lebih banyak orng merasa kinerja komputernya mengalami penurunan jika di install aplikasi yang terbaru. Hal ini tentunya membutuhkan solusi yang baik dan tepat dimana VGA sendiri juga memiliki peran yang vital setelah processor. Pernahkan anda menggunakan notebook atau komputer yang sudah menyala dan anda gunakan bertahun-tahun tapi berjalan pada resolusi yang bukan merupakan resolusi maksimal yang mampu diperoleh oleh komputer anda ?, tentunya hal seperti ini banyak dijumpai dan pengguna cenderung kurang memiliki keinginan untuk bisa merubahnya. Lalu bagaimana solusinya untuk memaksimalkan kinerja VGA ?
Cukup dengan meng-update driver terbaru, dipastikan performa hardware PC Anda akan berada dalam kondisi paling optimalnya untuk menjalankan berbagai program maupun game terbaru. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan beberapa link untuk men-download driver graphics card terbaru dan juga sedikit tips agar kinerja yang dimilikinya berada pada kondisi paling optimal.

Catalyst (AMD Radeon)

Graphics card dan prosesor dari “kubu merah” yang satu ini cukup diakui masih memiliki banyak fans yang sangat “loyal” di Indonesia, bahkan beberapa diantaranya termasuk sebagai kategori die hardfans atau biasa disebut “fanboy” yang rela “berjihad” membela hingga tetes darah terakhir untuk brand kebanggaannya ini. Tentu saja loyalitas yang diberikan para fans AMD ini bukan tanpa alasan, menurut pengakuan mereka produk AMD selalu menghadirkan solusi terjangkau bagi para penggunanya, well untuk beberapa kasus seperti AMD APU “Trinity” penulis sangat setuju dengan statemen tersebut.


Walaupun sempat “dibombardir” oleh berbagai produk graphics card terbaru NVIDIA, AMD masih mencoba bertahan untuk tetap eksis dipasaran dengan melakukan strategi Price Cut pada beberapa jajaran graphics card mainstream keatasnya. Selain menawarkan potongan harga, AMD juga masih memiliki “senjata rahasia” lainnya yaitu dengan menghadirkan Driver Catalyst terbaru yang mereka sebut Never Settle Driver (Catalyst 12.11 Beta). Driver ini diklaim mampu memberikan peningkatan performa pada beberapa graphics card Radeon HD 7000 series hingga 20% dari driver Catalyst yang lama. Bahkan beberapa pengujian yang sebelumnya menunjukkan bahwa graphics card NVIDIA lebih unggul, kali ini dapat dibalikan keadaannya dengan driver Catalyst ini.
Anda dapat mencoba untuk mengunduh Catalyst terbaru dengan mengunjungi website resmi AMD pada link dibawah ini, dan silahkan cari driver yang sesuai untuk graphics card Anda:

AMD Catalyst Download Site

Jika Anda ingin langsung mencoba driver Catalyst beta terbaru (12.11), website seperti guru3D menyediakan hosting untuk file driver tersebut:

Catalyst 12.11 Beta 32/64-bit

Forceware (NVIDIA GeForce)

Walaupun harus menunggu cukup lama antara jeda perilisan Kepler G104 (GTX 680/670) dengan Kepler yang lebih terjangkau (GTX 660 – GTX 650 series), tetapi NVIDIA  berhasil memberikan hasil yang terbaik untuk para penggunanya yang setia dalam menunggu kehadiran jajaran Kepler terbarunya ini. NVIDIA langsung menggeser dominasi AMD yang telah terlebih dahulu merilis jajaran graphics card 28nm-nya, NVIDIA mampu mengungguli AMD baik dari segi performa, efisiensi daya, dan juga value yang ditawarkan, yang memaksa AMD untuk menyesuaikan harga jual produk graphics card-nya .



Tidak ingin kalah dengan AMD yang merilis driver Catalyst “Never Settle”-nya, NVIDIA tidak lama juga langsung merilis Forceware 310.70 terbarunya yang diklaim dapat memberikan peningkatan kinerja signifikan pada jajaran graphics card GTX 600 series miliknya. Berbeda dengan AMD yang sampai saat ini driver Catalyst-nya masih dalam tahap Beta, Forceware 310.70 milik NVIDIA ini tanpa memerlukan waktu yang cukup lama langsung mendapatkan versi finalnya WHQL (Windows Hardware Quality Labs) yang mendapatkan jaminan kestabilan.
Anda dapat mencari driver Forceware yang cocok untuk graphics card yang Anda gunakan pada link resmi NVIDIA berikut:

NVIDIA Forceware Download Site

Sama seperti Catalyst, website seperti Guru3D juga menyediakan hosting driver Forceware paling terbaru, bahkan pada beberapa kasus website ini pernah menyediakan hosting yang lebih cepat, berikut link Forceware WHQL terbaru:

Forceware 310.70 WHQL 32-bit 

Forceware 310.70 WHQL 64-bit

Intel HD Graphics

Walaupun berbeda kelas dengan AMD dan NVIDIA yang menyediakan solusi graphics card terpisah (discrete) yang jauh lebih bertenaga untuk bermain game, Intel yang selama ini hanya berkonsentrasi pada bidang CPU-nya  kini mulai mengerjakan cukup serius untuk menggarap graphics adapter terintegrasinya yang sejak beberapa generasi terakhirnya sudah mulai diintegrasikan didalam prosesor (System on Chip/SoC) Core i seriesnya. Terlihat peningkatan kinerja yang sangat signifikan dari tiap generasi HD graphics milik Intel ini, bahkan dikabarkan pada generasi Core i selanjutnya (Haswell) Intel akan memberikan solusi graphics terintegrasi yang jauh lebih kencang dari Intel HD graphics saat ini.
Tidak seperti AMD dan NVIDIA yang berlomba-lomba untuk menyediakan driver paling terbarunya, Intel untuk saat ini tidak terlalu sering meng-update driver library untuk graphics adapter terintegrasinya, karena memang konsep solusi Intel HD graphics ini bukan (belum) solusi ideal untuk bermain game.
Tidak ada salahnya jika Anda mencoba mencari driver Intel HD Graphics ini pada link website resmi mereka dibawah ini:

Intel Download Center

Tips Update Driver

  • Cek dan update selalu driver hardware Anda secara berkala untuk mendapatkan kinerja paling optimal.
  • Selalu gunakan driver final/WHQL jika ingin mendapatkan jaminan kestabilan.
  • Gunakan driver Beta jika ingin “mencicipi” driver paling terbaru, pastikan Anda sudah mengunduh versi WHQL-nya jika ingin kembali ke driver yang lebih stabil.
  • Jika Anda sedang melakukan upgrade/penggantian hardware, hapus bersih terlebih dahulu driver hardware lama Anda, sebelum memasang hardware baru Anda dan meng-install driver terbarunya.



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...