Cari

this my BLOG

Minggu, 13 Januari 2013

MSI Star SATA3 Expansion Card Review

Saat ini kebutuhan akan kecepatan akses data sangat dibutuhkan baik bagi pada pengguna PC harian, gaming, designer, dan Overclocker sangat butuh akan hal ini. Penggunaan SSD tentunya merupakan hal yang banyak dilakukan bagi para pengguna PC untuk mendapatkan kecepatan terbaik. Semakin menurunnya harga SSD dan HDD semakin banyak para pengguna PC ini untuk memilih menggunakan SSD. Namun penggunaan SSD ini tentunya bisa maksimal jika Motherboard yang digunakan memiliki slot yang sesuai. Slot ekspansi yang sesuai tentunya adalah adanya slot SATA 3. Lalu apakah motherboard anda sudah mendukung slot SATA 3 ? ika belum kali ini MSI menghadirkan solusi untuk mendapatkan slot SATA 3 tanpa harus mengganti motherboard yaitu dengan MSI Star SATA3 Card.




MSI Star Introduction

Perkembangan interface SATA saat ini sudah mencapai SATA 3 dengan kecepatan transfer rate sampai dengan 6GB/s. SATA 3 merupakan generasi ke-3 saaat ini dari sebelumnya yaitu SATA 2 (3GB/s) dan SATA 1 (1,5GB/s). Dengan adanya SATA 3 ini sebenarnya memang dikhusukan untuk pengguna SSD yang memang diharuskan menggunakan SATA 3 ika ingin mendapatkan kecepatan maksimal yang mampu dihasilkan oleh SSD. Sebenarnya dengan menggunakan HDD pun bisa menghasilkan kecepatan yang kencang tapi harus dengan setting RAID 0 dengan menggunkan banyak HDD namun ini bukan merupakan solusi terbaik karena merupakan solusi yang tidak Cost-effective. Namun ika di lihat kembali penggunaan SATA 3 dengan HDD yang mendukung SATA 3 uga menghasilkan kenaikan transfer data yang tidak negitu signifikasn. Akan terlihat tidak signifikan ika dibandingkan dengan transfer rate dari SSD.

Satu kekurangan interface terbaru ini adalah, SATA3 hanya tersedia di platform terbaru saja. Hampir semua perangkat motherboard di bawah tahun 2009 belum memiliki interface SATA3 ini. Sedangkan platform PC keluaran di bawah tahun 2009 yang digunakan pun masih memadai bahkan untuk bermain game/design yang paling demanding saat ini. Kita ambil contoh platform LGA775 atau LGA1156, pada platform tersebut dengan konfigurasi yang memadai masih sanggup menjalankan hampir semua game dan aplikasi yang beredar saat ini. Namun jika anda menggunakan SSD dengan interface SATA2 maka kecepatan yang dihasilkannya akan terpangkas lumayan jauh.
Melihat hal ini, MSI mengeluarkan sebuah card expansion untuk SATA3. Card tersebut bernama MSI Star SATA3 Card, mari kita lihat seperti apakah MSI Star ini.
Dalam paket penjualan akan disertakan MSI Star 3 Card beserta dengan kartu garansi resmi garansi dan manual. MSI Star SATA3 Card ini menggunakan Interface PCI-E x1, dimana bisa juga menggunakan PCI-E x4, x8 dan x16. Output SATA3 port berjumlah 2 Port, dan dapat kita lihat pula bahwa MSI Star SATA3 Card ini menggunakan controller dari Marvell dengan tipe SE9128.

sumber: http://www.berliancom.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...