Cari

this my BLOG

Sabtu, 19 Januari 2013

Prosesor Ivybridge-E dengan 12 Core???

Tentunya jika sebuah Prtocessor dibekali dengan 12 Core akan sangat membuat pemikiran kita akan seperti apa kencang nya processor tersebut ???, dengan menggunkan processor 4 core yang ditambah dengan Hyper Threading saja sudah berasa kecepatan yang sangat mumouni untuk sebuah komputer. Dari seri i7 sebelumnya yang merupakan i7 extreme dengan 6 buah Core (hexa core) sudah merupakan processor yang amazing banget. Mungkin Intel mnegluarkan seri 12 core ini untuk menyesuaikan kompetitornya yaitu kubu AMD yang sudah meluncurkan seri octo-core nya (8core). Prosesor Intel Core I series generasi ke-4 dengan 12 Core atau dikenal juga dengan sebutan Haswell sudah beredar informasinya sejak beberapa bulan lalu, dan tidak mengherankan memang jika banyak sekali yang menantikan kehadiran prosesor Intel terbaru ini karena dipastikan prosesor Intel generasi ke-4 ini akan menghadirkan performa (overclockability) dan efisiensi kinerja yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Haswell.. ya si Haswell yang bakalan segera hadir ini mungkin akan mnyentuh langit keberapa kalo msalah harga yang bakal di patok oleh Produsen nya (hahaha). Tentunya kehadiran Haswell ini akan sangat manrik karena lebih memberikan kestabilan dan lemudahan dalam Overclocking bagi pengguna Enthusiast dan Extreme user. Lalu apakah meraka bakalan tertarik ?, kita lihata saja nanti. Roadmap Intel terbaru yang bocor dibeberapa website luar, ditunjukkan bahwa pada akhir 2013 nanti Intel dijadwalkan akan meluncurkan prosesor flagship-nya yang akan menggantikan SB-E (Sandybridge-E) tahun lalu yaitu Ivybridge-E dengan jumlah inti hingga 12 core.



Kalau tahun kemarin Intel berhasil menumbangkan AMD dengan Sandy Bridge-E dalam segi processor kelas ata (kelas mahal) sepertinya kali ini bakalan menumbangkan secara total dengan kehadiran si Ivy Bridge-E yang tentunya bakal dengan harga yang bisa numbang in isi dompet. tentunya jika anda Gamer atau bahkan maniak PC ekstreme hal seperti ini bukan menjadi halangan. Prosesor Ivybridge-E yang ditujukan untuk para pengguna High End Desktop (HEDT) ini, masih memiliki compatibility dengan motherboard X79 (LGA2011) yang sama seperti Sandybridge-E dengan dukungan Quad Channel Memory Controller. Diperkirakan prosesor ini akan bekerja pada TDP yang setingkat dengan SB-E tahun lalu, namun tentu saja dengan peningkatan efisiensi berkat penggunaan fabrikasi terbaru 22nm dengan Tri-Gate transistor.
Untuk performa Overclockability diharapkan Intel tidak lagi menggunakan IHS “murahan” seperti pada prosesor Ivybridge-nya saat ini yang menyebabkan panas berlebihan dan overclockability pun akan berkurang, dengan meluncurkan Extreme Graded prosesor ini Intel harus memperbaiki kekurangannya agar tidak mengecewakan para Enthusiast dan Extreme user.Belum ada detail spesifikasi lengkap mengenai prosesor kelas Extreme terbaru Intel ini, namun diyakini penamaan prosesor Ivy-E ini antara lain: Core i7-4930, Core i7-4960, Core i7-4970 dan Core i7-4990 dengan jumlah penggunaan prosesor yang dimiliki berkisar dari 6 sampai 12 core pada kelas tertingginya.
Selain Ivy-E Intel juga akan merilis SB-E Core-i7 3980X pada kuartal 2 2013 dengan jumlah 8 core, dibandingkan SB-E sebelumnya i7-3960X yang hanya memiliki 6-core saja setara dengan Gulftown i7-980X, SB-E Core i7-3980X ini akan menjadi prosesor konsumer (non-server) pertama dengan jumlah 8 core pertama dari Intel.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...