Cari

this my BLOG

Selasa, 20 Maret 2012

Prosesor Intel Ivy Bridge Menembus Kecepatan 7 GHz


Setelah sukses dengan processor dengan tipe Sandy Bridge, kini Intel telah menyelesaikan pembuatan processor terbatu Intel yaitu tipe Ivy Bridge namun masih belum turun di pasaran. Sebagai prosesor generasi terbaru, tentu saja prosesor Intel Ivy Bridge akan dijejali berbagai teknologi terbaru. Beberapa di antaranya adalah arsitektur generasi terbaru, proses fabrikasi 22 nm, Intel 3-D Tri-gate Transistor, dan lainnya. Dengan adanya teknologi baru tang sudah tertanam dalam processor Intel Ivy Bridge ini diharapkan nantinya processor ini akan menghasilkan kinerja komputasi yang lebih tinggi kepada pengguna.

Diatas merupakan daftar dari varian processor Intel dengan codename Ivy Bridge yang siap untuk diluncurkan ke pasaran. Dari gambar tersebut dijumpai daftar lini processor Ivy Bridge yang sudah beredar di internet. Untuk processor yang menempati list paling atas adalah prosesor Intel Ivy Bridge adalah Core i7 3770K. Prosesor ini dilengkapi clock speed sebesar 3.5 GHz (default) dan 3.9 GHz (Turbo). Mengusung huruf “K”, tentu saja prosesor ini dilengkapi multiplier prosesor yang tidak dikunci sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan overclocking.
Walaupun belum diluncurkan, beberapa pihak ternyata mendapat kesempatan untuk “mencicipi” Core i7 3770K. Salah satu kabar yang kami dapatkan baru-baru ini ternyata prosesor Intel Core i7 3770K mampu mencapai clock speed sebesar 7063.06 MHz atau lebih dari 7 GHz. Clock speed sebesar itu dicapai dengan menggunakan setting BCLK (Base Clock) sebesar 112.11 MHz,multiplier prosesor sebesar 63, dan voltase prosesor sebesar 1.896 V. 
Jika melihat kemampuanoverclocking prosesor Intel Sandy Bridge, hasil seperti ini tentu akan membuat overclocker di seluruh dunia tergoda untuk mengutak-atik prosesor ini. Hampir saja kami lupa, clock speed sebesar 7 GHz tersebut dicapai hanya dengan menggunakan pendingin dry ice. Kalau menggunakan pendingin dry ice saja sudah mampu mencapai clock speed seperti itu, bagaimana jika menggunakan pendingin LN2 (Liquid Nitrogen)? 
Menurut kabar, prosesor Intel Ivy Bridge akan mulai tersedia di pasaran sekitar bulan April 2012. 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...