Cari

this my BLOG

Sabtu, 10 Maret 2012

Cara mengatasi nama file dan folder berwarna biru di windows explorer


Tentunya jika anda mengetahui hal seperti gambar dibawah ini akan muncul rasa curiga. Apakah komputer saya terkena virus ? atau ada vrus yg terlampau ganas hinggap di komputer saya ?. sehingga walaupun discan dengan antivirus yang updatepun nama file dan folder tetap berwarna biru (tidak berubah). Jangan khawatir dengan file yang memiliki warna nama biru seperti ini sebenarnya merupakan anggapan yang keliru jika menganggap hal ini sebagai virus.

Untuk eadaan seperti ini, file tersebut memiliki warna seperti itu disebabkan karena  adanya  fasilitas dari NTFS File system windows untuk compress drive atau partisi untuk menambah kapasitas volume dari drive tersebut (compress drive to save disk space) telah diaktifkan.. Jika fitur compress drive to save disk space ini diaktifkan maka nama file dan folder dalam drive tersebut akan berwarna biru atau selain warna hitam.

nama file dan folder berwarna biru
Untuk mengatasi hal tersebut ada dua cara atau pilihan yang bisa dilakukan.
Cara yang pertama adalah dengan menghilangkan fungsi compress drive to save disk space.
  1. Buka jendela windows explorer, kemudian klik kanan pada drive yang nama folder dan filenya berwarna biru kemudian pilih properties.
  2. Pada tab general hilangkan tanda centang pada compress drive to save disk space, kemudian klikOK. Tunggulah beberapa saat sampai selesai.

    compress drive to save disk space
  3. Maka nama folder dan file akan kembali seperti semula.
Cara yang kedua adalah dengan melakukan pengaturan pada view di folder options. Cara ini tanpa merubah atau menghilangkan fitur compress drive to save disk space yang telah aktif.
  1. Buka Windows explorer kemudian klik menu tools dan pilih folder options
  2. Pada jendela folder options buka tab View kemudian hilangkan tanda centang pada Show encrypted or compressed NTFS files in color dan klik OK

    compressed ntfs file to color
Dengan cara tersebut maka warna nama file dan folder akan kembali menjadi seperti semula.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...