Cari

this my BLOG

Selasa, 06 Maret 2012

PlayStation 4 Tidak Menggunakan Prosesor Cell?

Berbagai rumor mengenai spesifikasi yang diusung konsol masa depan Sony, PlayStation 4, terus berhembus. Bila beberapa waktu yang lalu, muncul kabar bahwa Sony akan meninggalkan NVIDIA dan menggandeng AMD sebagai partner untuk urusan grafis di konsol baru tersebut, kini giliran produk dari Sony sendiri, prosesor Cell, yang akan ditinggalkan!




Menurut informasi yang beredar, Sony tidak akan menyertakan prosesor Cell, maupun prosesor lain yang merupakan pengembangan dari Cell, ke dalam PlayStation 4. Walaupun informasi tersebut belum diketahui kebenarannya, kekurangmampuan Cell dalam mengungguli prosesor yang digunakan di konsol persaingnya, Xbox 360, tampaknya menjadi pertimbangan utama Sony bila mereka benar-benar meninggalkan prosesor tersebut.

Selain itu, bila Sony benar-benar menggandeng AMD untuk mengembangkan pengolah grafis untuk PlayStation 4, kemungkinan besar solusi System-on-a-Chip berbasis Accelerated Processing Unit (APU) AMD-lah yang akan memperkuat konsol tersebut. AMD sendiri memang telah mengisyaratkan bahwa APU merupakan salah satu solusi yang patut dipertimbangkan untuk masa depan industri game secara keseluruhan. Sayangnya, Sony sama sekali tidak mau memberikan komentar mengenai kabar-kabar mengenai PlayStation 4 tersebut.

Saat ini, Sony menggunakan prosesor Cell dan pengolah grafis dari NVIDIA, RSX, di konsol andalan mereka, PlayStation 3. Bila Sony benar-benar beralih ke solusi System-on-a-Chip (SoC) dari AMD untuk konsol masa depan mereka, tampaknya hal tersebut akan semakin memperkuat posisi AMD di dunia konsol. Sebelumnya, Nintendo telah mengkonfirmasikan penggunaan pengolah grafis dari AMD akan hadir di konsol baru mereka, Wii-U, dan Microsoft dikabarkan telah menjalin kesepakatan dengan AMD terkait pengerjaan solusi grafis untuk konsol masa depan mereka.

sumber: jagatplay.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...