Tekonologi yang semakin canggih memudahan kita dalam melakukan usaha. Usaha yang sangat terbantu akan adanya perkembangan teknologi adalah bisnis online. Belanja online kii sudah menjadi tren untuk kemudahan dalam mendapatkan berbagai barang tanpa harus datang ke tempat penjual yang mungkin lokasinya jauh. Peran media sosial juga sangat membantu dalam proses penjualan online yaitu dengan Facebook atau juga dengan Twitter.
Untuk bisa sukses berjualan online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar konsumen tidak kecewa dan justru tertarik untuk membeli kembali barang-barang di toko online Anda. Simak beberapa tips berjualan onlineberikut ini.
1. Berikan yang terbaik
Respon yang cepat dan mau memberikan informasi yang terbaik pada konsumen adalah hal utama dalam hal penjualan. Selain itu dalam proses penyampaian barang ke tangan konsumen sebainya juga menggunakan jasa pengiriman yang terbaik dan barang yang dikirim uga dalam kondisi yang baik. Sebelum mengirimkan barang sebaiknya anda menyepakati harga ongkos kirim dengan konsumen. Memberikan barang dengan kondisi yang terbaik serta pemaketan barang yang terbaik lalu sampai tujuan dengan tepat waktu akan mampu untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap toko online anda. Mengingat konsumen tidak melihat kondisi barang sebelum membelinya, sehingga Anda tidak boleh mengecewakan konsumen. Apalagi jika barang yang dikirim tidak sesuai dengan harapan konsumen, untuk melakukan pengembalian barang atau retur juga membutuhkan tambahan biaya pengiriman.
2. Ciptakan kenyamanan belanja pada konsumen
Selain menggunakan Iklan dalam sosialisasi produk yang anda tawarkan ke konsumen akan lebih baik jika anda juga hadir di media sosial baik dalam faceboo atau twitter agar kesempatan konsumen untuk bisa kontak dengan anda lebih leluasa dan mudah. Tentunya bisa juga dengan media Blog untuk mempromosikan barang dagangan anda. Akan sangat bagus jika Anda bisa menyediakan akses terhadap barang yang Anda jual dari berbagai media online tersebut. Kemudian Anda juga harus berkomitmen untuk merespon pertanyaan atau keluhan pelanggan dengan cepat. Support kepada pelanggan akan mempererat hubungan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.
3. Berikanlah “cerita” untuk pelanggan
Kekuatan cerita ini sering dianggap remeh oleh para pemilki toko online. Cerita yang diberikan bisa bermacam-macam atau misal uga menceritakan kelebihan produk. Atau bisa uga diberikan cerita awl mula anda merintis untuk bisa membangun toko online yan telah anda buat dan juga pengenalan produk dengan dibandingkan pada informasi yang sudah ada. Hal ini akan bisa menarik pelanggan dan memperkuat ikatan antara penjual dan pelanggan dibandingkan dengan memberikan diskon yang bersifat sementara.
4. Perhatikan kompetitor
Dengan semakin banyaknya orang yang memanfaatkan media online untuk berjualan tentu saja membuat persaingan menjadi lebih ketat. Karena itu Anda juga harus memperhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda. Setelah itu Anda bisa membuat sebuah inovasi baru yang bisa membuat toko online Anda menjadi lebih unggul dan tidak ketinggalan tren berjualan di dunia online.
0 komentar:
Posting Komentar