Cari

this my BLOG

Rabu, 13 Februari 2013

AMD Richland Siap Menjadi Penerus Trinity



Kali ini AM mulai memberikan sebuah gebrakan dalam produk prosesor mereka dengan memepersiapkan sebuah generasi processor APU generasi ketiga mereka. Hal ni berbeda dengan procesor AMD Liano, Processor AMD Trinity, APU generasi kedua. Untuk triniti sendiri mengawali debutnya dalam dunia perangkat mobile. Sedangkan debut AMD Trinity untuk perangkat desktop diperkirakan baru dimulai pada akhir tahun 2012. Namun meskipun untuk AMD Trinity sudah direncanakan untuk meluncur ke dunia dekstop, AMD sudah memepersiapkan APU generasi ketiga mereka yaitu Richland yang di produksi dengan proses fabrikasi 28nm.

Seperti apakah varian dari CPU AMD Richland ini? , dikabarkan akan dua varian yaitu dengan kinerja dukungan Dual-Core dan Quad-Core yang dilengkapi dengan feature TurboCore Technology. Hingga saat ini belum dapat dipastikan apakah unit CPU AMD Richland akan menggunakan arsitektur Piledriver seperti yang digunakan oleh Trinity atau akan menggunakan arsitektur generasi terbaru, Steamroller.
Sedangkan untuk unit GPU, AMD Richland akan menggunakan graphics card seri HD 8000 yang merupakan keluarga graphics card AMD Sea Island. Diperkirakan, AMD Richland dual-core akan dilengkapi unit GPU dengan 128 Stream Processor dan 384 Stream Processor untuk versi quad-core. Tentu saja feature dual-graphics tetap akan hadir di sini.
Tentunya akan banyak hal yang menarik disini dimana processor ini akan menggunakan socket FM2 seperti AMD trinity. Untuk memory tentunya support dengan modul memory DDR3 dengan kecepatan 1866MHz. 
Diperkirakan, AMD akan merilis Richland pada akhir kuartal dua tahun 2013. Ini berarti, AMD Richland kemungkinan akan menghadapi prosesor 22nm dari Intel, Haswell, pada waktu diluncurkan. Sejauh mana kemampuan APU generasi ketiga ini dalam menghadapi prosesor dari Intel baik pada generasi Haswell ataupun generasi sebelumnya? Kita tunggu saja tanggal mainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...