Cari

this my BLOG

Minggu, 03 Juni 2012

Muncul isu VGA berbasis Kepler dari nVidia bermasalah






Ada bocoran rumor VGA Nvidia seri Kepler. Konon bersumber dari TSMC yang menyebutkan masalah chip Kepler K104akan merosot performanya bila terus menerus bekerja dengan beban berat. Dampaknya seperti kecepatan VGA akan menurun atau clock stream procesor bisa berhenti bekerja. Bila isu ini benar, Nvidia mungkin menarik semua VGA baru berbasis Kepler.


Dari Nvidia membantah berita diatas yang menyatakan adanya penarikan VGA karena masalah di hardware. Juru bicara Nvidia Bryan menyatakan berita tersebut tidak benar.  Tetapi dia menolak memberikan detail lebih lanjut.

Isu diatas mungkin ada benar. Salah satu produsen VGA EVGA telah menarik model SuperClock GTX 670, ditakutkan mengalami kegagalan kinerja perangkat keras merek mereka.  Seperti apapun kondisinya, sebuah perusahaan tidak bisa menyembunyikan masalah hardware dalam jangka panjang. Mungkin itu alasannya, mengapa Nvidia tidak memiliki banyak stok GeForce GTX 670, GTX 680 atau GTX 690.

Nvidia mengatakan semua GPU chip yang dibuat akan dilakukan test. Chip harus lulus uji Microsoft HCL test, bukan hanya menguji tingkat stres test tetapi membutuhkan waktu sampai 1 jam dalam pengujian. Sebagian kecil chip mungkin mengalami penurunan performa, tetapi jumlah kegagalannya sangat kecil

Ingat skandal beberapa tahun lalu, ketika Nvidia menolak produk mereka bermasalah dan menyembunyikan begitu lama. Tentu Nvidia tidak mau memberikan kompensasi atas kinerja yang gagal di perangkat keras mereka.

Bila tertarik membeli VGA Nvidia, ada baiknya menunggu dahulu dalam beberapa minggu. Sampai berita diatas dapat diklarifikasi lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...