Cari

this my BLOG

Selasa, 19 Juni 2012

Intel Perkenalkan Xeon Phi


Perwujudan arsitektur multiprosesor “Many Integrated Core” (MIC) dari Intel yang selama ini dikenal dengan kode Knights Corner akhirnya muncul! Intel, di acara International Supercomputing Conference yang sedang berlangsung di Hamburg, Jerman, memperkenalkan perangkat MIC pertama mereka yang diberi nama Xeon Phi.

Xeon Phi merupakan sebuah coprocessor yang mampu mendorong kemampuan sebuah sistemsupercomputer dalam menangani proses paralel. Coprocessor tersebut mampu bekerja sama dengan prosesor server, seperti Intel Xeon, dan membantu sistem untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi dengan hanya menggunakan tambahan sebuah perangkat berukuran tidak lebih besar dari sebuahgraphics card kelas atas yang ada saat ini. Satu hal yang menarik, karena tetap menggunakan basis x86, perangkat tersebut akan memiliki kompatibilitas tinggi dengan aplikasi-aplikasi yang sudah ada saat ini.
Chip yang digunakan di produk Xeon Phi tersebut diproduksi dengan fabrikasi 22 nm dan menggunakan transistor 3D TriGate, sama seperti yang digunakan di keluarga prosesor Ivy Bridge. Hal tersebut memungkinkan Intel untuk meletakkan 50 core ke dalam chip tersebut. Tentunya, penggunaan 50 core tersebut mampu mendorong kemampuan sistem dalam melakukan pemrosesan paralel.
Intel sendiri masih belum memberikan informasi mengenai spesifiasi detail dari produk tersebut. Selain itu, mereka juga belum bisa mengungkapkan kapan produk tersebut akan tersedia dan berapa harga yang mereka pasang untuk produk tersebut. Satu hal yang pasti, saat diluncurkan nanti, produk tersebut akan langsung berhadapan dengan solusi untuk supercomputer yang dikeluarkan oleh pesaing mereka, AMD dan NVIDIA.
sumber: jagatreview.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...