Cari

this my BLOG

Selasa, 18 Desember 2012

Harga SSD Turun 300% dalam 2 Tahun

Tentunya sudah tidak perlu merasa asing dengan istilah SSD jika anda adalah hobby dalam perakitan PC Gaming. SSD yang merupakan media penyimpanan dengan basis flash memory yang dikenal dengan memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan lebih cepat dari HDD memiliki harga yang sangat mahal. Namun sepertinya pandangan sangat mahal sudah mulai bisa di ganti dengan cukup menggunakan kata mahal. Mengingat SSD ternyata turun cukup drastis dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Bahkan, menurut data dari IHS iSupply, harga-per-gigabyte dari SSD di akhir tahun 2012 ini telah turun lebih dari 300% bila dibandingkan dengan harga di tahun 2010 lalu!




Menurut data dari IHS iSupply, yang juga diperkuat dengan data dari pengamat pasar memori dan storage lain, seperti Dynamite Data dan DRAMeXchange, harga-per-gigabyte SSD yang mencapai US$ 3 di tahun 2010 lalu kini telah turun menjadi US$ 1, bahkan dibawah US$ 1! Penurunan harga tersebut tampaknya disebabkan oleh terlalu banyaknya pasokan NAND flash yang merupakan komponen penting dalam sebuah SSD. Penumpukan stok tersebut juga diikuti dengan peningkatan teknologi produksi yang menyebabkan biaya produksi komponen-komponen penyusun sebuah SSD menjadi semakin murah.
Di Indonesia sendiri, harga-per-gigabyte dibawah US$ 1 tersebut sudah bisa ditemui juga! Saat itu, kami menemukan adanya beberapa SSD dengan kapasitas 120 GB yang dijual di kisaran harga US$ 100. Saat ini, seiring dengan penurunan harga SSD, kita mungkin saja bisa mendapatkan SSD 120/128 GB yang dijual dibawah harga US$ 100.
Walaupun telah mengalami penurunan harga yang cukup drastis dalam 2 tahun ini, harga SSD memang masih jauh di atas harddisk. Namun, mengingat kecepatan tinggi yang ditawarkan SSD, banyak orang yang berpendapat bahwa membayarkan harga ekstra untuk mendapat kecepatan yang lebih tinggi adalah wajar.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...