Cari

this my BLOG

Minggu, 13 November 2011

Teknologi MSI Twin Frozr II VS ASUS Direct CU II, manakah yang lebih unggul ?

Tentunya user semua udah tau kan apasih heatsink paa VGA itu, heatsink itu merupakan sebuah teknologi yang dirancang untuk meredam panas yang dihasilkan oleh VGA. panas tersebut terutama besrasal dari GPU nya dan selebihnya dari VRam VGA. Terapat dua macam heatsink, yaitu hetsink pasif dan aktif. untuk yang aktif dibekali dengan peredam panas berupa tembaga atau aluminium yang di lengkapi dengan fan (kipas) sebagai pengatur udara. Untuk yang pasif hanya dibekali dengan peredam panas berupa tembaga atau aluminium tanpa adanya kipas.

Disini saya akan memperlihatkan kemampuan teknologi dalam hal heatdink VGA dari sua vendor yaitu MSI dan ASUS. VGA yang kami gunakan dalam test ini adalah VGA dengan produk dari Nvidia yaitu GTX 560Ti. MSI dengan GTX 560Ti Twin frozr II nya akan melawan ASUS GTX 560Ti Direct CU II. Namun disini saya juga akan memperbandingkan kemampuan dari VGA references dari nvidia sendiri yaitu Nvidia GTX 560Ti.



MSI GTX 560Ti Twin Frozr II
Gambar di atas merupkan penampakkan dari VGA MSI GTX 560 Twin Frozr II. heatsink ini merupakan heatsink yang diandalkan oleh MSI untuk meredam panas yang dihasilkan oleh VGA ini yang dibekali dengan chip GF100. Satu hal yang cukup disayangkan adalah ukuran penutup heatsink yang lebih panjang dibandingkan panjang PCB graphics card maupun panjang dari sirip-sirip heatsink.

Heatsink Twin Frozr II dilengkapi lima buah heatpipe, tiga buah heatpipe dengan diameter normal dan dua buah heatpipe dengan diameter lebih besar atau MSI menyebutnya “Superpipe”. Heatpipe akan mengalirkan panas dari “baseplate” menuju sirip-sirip heatsink yang terbuat dari alumunium.

Panas yang terkumpul di sirip-sirip heatsink selanjutnya akan disingkirkan oleh hembusan angin yang dihasilkan dua buah kipas hitam berdiameter 8 cm. Dengan menggunakan MSI Afterburner dilakukan pengetesan kecepatan putaran kipas hingga 100% dan tingkat kebisingan yang dihasilkan sangat minim dan tidak berisik. Bahkan, saat dijalankan pada kondisi “Auto”, hampir tidak mendengar suara kipas sama sekali.

ASUS GTX 560Ti Direct CU II
Dengan desain pada DirectCU II yang menggunakan kipas ganda dan heatpipe dari tembaga yang bersentuhan langsung dengan GPU, memungkinkan GTX 560 DirectCU II TOP dapat memindahkan panas 20% lebih efisien, untuk kemudian dilepaskan dengan bantuan dua kipas berukuran besar untuk proses pendinginannya. Desain penggunaan kipas ganda yang efisien menghasilkan aliran udara dua kali lebih banyak dibandingkan desain yang menggunakan kipas tunggal. Desain ini secara efektif melepaskan panas yang dihasilkan, memastikan kartu grafis tetap dingin dan hening.
Diatas merupakan penampakan dari heatsink ASUS yang berteknologi Direct CU II. Dari gambar  itu bisa dilihat terdapat 3 buah heatpipe yang nampak dari bawah dengan ukuran normal. heatsink ini juga dilengkapi dengan dua kipas yang siap untuk mengusir panas yang di hasilkan GPU. terdapat keunikan tersendiri dari teknologi ini. Dari dua kipas yang telah dipasangkan arah putaran dari dua kipas itu berbeda. salah satu kipas mengalirkan udara masuk ke heatsink dan salah satu mngeluarkan panas dari heatsink.

TWIN FROZR II VS DIRECT CU II
oke langsung aja deh kita simak bareng-bareng pengujian yang dilakukan oleh Linus :
Untuk spek yang digunakan adalah . .
Motherboard: MSI P67A-GD65
VGA: GTX 560Ti references, MSI GTX 560Ti Twin frozr II, ASUS GTX 560Ti Direct Cu II 
RAM: 4GB
PSU:Cougar SX Series 80 PLUS Silver 850W
Processor: i7 2600K

Penampakan test bench dengan VGA references

 Penampakan test bench dengan VGA MSI GTX 560Ti Twin frozr II




 Penampakan test bench dengan VGA ASUS GTX 560Ti Direct Cu II 





Hasil Test dengan menggunakan FURMARK dengan Extreme burning Mode


VGA Suhu VGA Full load Perbandingan dengan References Perbandingan dengan Twin Frozr II Perbandingan dengan Direct CU II
Nvidia GTX 560Ti references 75°C NA 18°C 14°C
MSI GTX 560Ti Twin frozr II 57°C 18°C NA 4°C
ASUS 560Ti Direct CU II 61°C 14°C 4°C NA



NB: merah : lebih panas, Biru: lebih dingin

KESIMPULAN
  • Dalam meredam suhu yang dihasilkan oleh GPU BGTX 560Ti, MSI Twin Frozr II lebih baik jika dibanding dengan ASUS GTX 560Ti Direct CU II. Hal ini bisa dilihat dari hasi pengetes an dimana selisih suhu yang dihasilkan adalah MSI Tein Frozr II lebih dingin 4 derajat Celcius dibanding dengan ASUS Direct CU II
  • Pada intinya dari kedua teknologo peredam panas baik dari ASUS atau MSI memiliki kinerja yang sangat lebih baik jika dibandingkan dengan VGA GTX 560Ti yang di produksi oleh pihak NVIDIA sendiri. VGA references menhasilkan suhu 75 derajat celsius, sedangkan ASUS Direct CU II hanya 61 Derajat dan disusul oleh MSI Twin frozr II dengan 57 derajat celsius saja.
  • Dari segi kebisingan juga dari MSI dan ASUS memiliki tingkat kebisingan yang sangat rendah dan tidak menimbulkan suara yang menggagu, namun lain dengan VGA references yang agak sedikit bising jika sudah keadaan full load.
  • Dari segi keunikan yang dimiliki oleh Keatsink VGA, ASUS Direct CU II memiliki keunikan tersendiri dengan arah outaran kipas yang berbeda antara kipas yang satu dengan yang lain. Salah satu kipas mengalirkan udara masuk ke heatsink dan salah satu nya lagi mengalirkan udara ke luar
Semoga bermanfaat bagi uer semua, Terima kasih atas kunjungan nya  . jangan lupa komentar nya, hehe


Terima kasih kepada:
http://www.xtremesystems.org
http://www.jagatreview.com
http://www.techpowerup.com/
http://www.linustechtips.com/
http://www.youtube.com
http://www.asus.com
http://www.msi.com/open/
http://www.newegg.com
http://www.overclockersclub.com

4 komentar:

Sampah,cuma bandingin gitu doang,semuanya dong.

Cari sensasi aja lo bikin review murahan.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

@Anonim hmmm . . . saya cuma meninjau dari suhu saja tidak lebih, jadi kalo anda merasa lebih tahu silahkan buat review anda sendiri,tidak ada undang-undang yang melarang saya membuat review yang cuma seperti ini,

Nice bro, kebetulan lagi nyari referensi tentang perbandingan pendinginnya, meski versi berbeda setidaknya jadi tau sedikit perbedaan antara Twin Frozr ama DirectCU ane rencana mau beli MSI 980 Ti. Thanks

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...