Cari

this my BLOG

Sabtu, 19 November 2011

Intel Sandy Bridge-E dan Chipset X79

Sudah ada selama 3 tahun terakhir Intel telah memperkenalkan dan sekaligus mengakrabkan kita terhadap processors kelas atasnya yatitu i7 seri 9xx dengan motherboard dengan chipset X58 nya. Platform ini cukup bertahan lama dan tidak ada yang mampu untuk menumbangkannya meskipun pesaing terdekatnya AMD telah merilis seri AMD FX dengan 8 core, namun AMD FX seri tertinggi masih bisa diimbangi hanya dengan intel i5 2500K saja. Platform ini memang bertahan cukup lama karena walaupun tidak memperkenalkan chipset terbaru selama tiga tahun, hanya di kelas inilah Intel merilis prosesor six-core mereka dengan codename Gulftown.

Kalo udah tiga thun kita nuggu Intel ngeluarin type enthusiast yang terbaru, memang sudah saatnya kita untuk berhenti menanti. kenapaaaa ??? karena kini intel telah memperkenalkan processor esthusiast nya yang terbaru dimana dilengkapi dengan arsitektur yang terbaru pula. Dan tentu saja setumpuk feature dan teknologi terbaru lainnya. Mari kita lihat lebih jauh apa saja yang ditawarkan Intel untuk pengguna di platform kelas enthusiast terbaru mereka.


Arsitektur Sandy Bridge-E

 Untuk selanuynya kita akan bahas arsitektur terbaru intel yang diberi judul dengan Sandy bridge-E. Telah diketahui untuk type sebelumnya adalah type Sandy Bridge tanpa ada E.  Arsitektur yang juga digunakan pada prosesor “Intel Core i” kelas mainstream seperti Core i7 2700K dan beberapa tipe turunannya.

Gambar di atas itu nunjukin penampakan dari arsitektur yang dimiliki oleh intel sandy bridge-E. Kalo dilihat dengan seksama itu kan terdapat 8 core, sedangkan kita tahu kalo selama ini intel mengeluarkan type 8 core hanya untuk processor server. nmun dengan demikian untuk Sandy bridge type dekstop hanya dibekali maksimal 6 core saja.

Sandy Bridge-E dibangun dengan menggunakan 2,27 miliar transistor. Intel menggunakan arsitektur 32 nm untuk menempatkan keseluruhan transistor ke dalam die prosesor berukuran 435 mm2. Kotak besar di tengah die prosesor adalah L3 Chace dengan ukuran 15 MB. Untuk ukuran L1 Chace Data, L1 Chace Instruction, dan dan L2 Chace adalah 32 KB, 32 KB dan 256 KB untuk setiap core prosesor, sama seperti prosesor Intel Sandy Bridge kelas mainstream.

Kalo dilihat secara seksama, dari gambar arsitektur yang ada di atas itu kok tidak dijumpai adanya chip GPU nya yaa ?? padahal kan kita tahu kalo Sandy Bridge sebelumnya menyertakan GPU di dalam processors. jadinya kalo udah gini Intel type Sandy bridge-E memang tidak  memiliki graphic card terintegrasi atau biasa yang disebut Intel HD Graphic. Ini berarti feature Intel Quick Sync yang berguna untuk mempercepat proses transcoding video absen di platform ini.

Yang lebih OK lagi dari Intel Sandy bridge-E ini dimana kalo misal kita punya ya (duuuh mahaaalll, he) untuk Intel Sandy Bridge-E ini mendukung konfigurasi RAM yang bisa berjalan dengan Quad Channel Memory. hal ini tentunya berbeda dengan  dengan prosesor Intel 6 core generasi sebelumnya ataupun prosesor Intel Sandy Bridge kelas mainstream. Tipe memori yang didukung adalah DDR3 dengan kecepatan memori hingga 1600 MHz.

Kalo kita tadi udah tahu fitur terbaru dari Intel Sandy bridge-E dengan kontrol Quad Channel Memory, jagan berfikir kalo hanya itu kelebihan atau perubahan yang dilakukan oleh Intel. Selain peningkatan di kontroler memori, Intel pun melakukan peningkatan di kontroler PCI Express. PCI Exprees di prosesor Intel Sandy Bridge-E kini mendukung bandwidth sebesar 8 GT/s atau sesuai dengan spesifikasi PCI Express 3.0. Jumlah jalur PCI Express yang tersedia adalah sebanyak 40 buah. PCI Express 3.0 menawarkan bandwidth dua kali lipat lebih besar dibandingkan PCI Express 2.0.

Tipe Prosesor Sandy Bridge-E

Intel Core i7 3960X merupakan tipe teratas sekaligus tercepat dan diposisikan untuk menggantikan prosesor Intel six-core generasi sebelumnya, Core i7 980X dan Core i7 990X. Prosesor ini memiliki clock speed sebesar 3.3 GHz (Turbo: 3.9 GHz) dengan ukuran L3 Chace sebesar 15 MB. Pengguna bisa mendapatkan prosesor ini dengan harga $990 per seribu unit.

Dijual dengan harga $435 lebih rendah dibandingkan Core i7 3960X terdapat Core i7 3930K. Prosesor ini memiliki clock speed sebesar 3.2 GHz (Turbo : 3.8 GHz) dengan ukuran L3 Chace sebesar 12 MB.
Dibandingkan kedua tipe pertama yang merupakan prosesor six-core, Core i7 3820 merupakan prosesor quad-core. Prosesor ini memiliki clock speed sebesar 3.3 GHz (Turbo: 3.9 GHz) dengan ukuran L3 Chace sebesar 10 MB. Belum ada kepastian harga untuk prosesor ini.

Intel telah mempersiapkan tiga tipe prosesor Intel Sandy Bridge-E, yaitu Core i7 3960X, Core i7 3930K, dan Core i7 3820. Saat ini, baru dua tipe pertama yang dapat ditemukan di pasaran. Untuk tipe terakhir diperkirakan baru tersedia pada kuartal awal tahun 2012.

Gambar di atas merupakan kemasan prosesor Intel Sandy Bridge-E. Kemasan berwarna hitam digunakan untuk tipe Core i7 3960X.

Overclocking

Hmmm . . emank yang paling menarik kalo udah punya sistem koputer yang udah MONSTER apalagi dengan menggunakan INTEL Sandy Bridge-E pasti ingin nya di Overclock sekalian biar puas di hati (halah). Untuk melakukan overclocking dengan cara menaikkan BCLK (Base Clock) tentunya sangat tidak mungkin dilakukan, kenapa demikian ?, Intel yang memberikan keamanan pada processor nya sangat memiliki fungsi yang baik dalam menjaga umur hardware yang kitta miliki. jika dilakukan pengubahan atau menaikkan BCLK sedikit saja yang terjadi tentunya dapat mengakibatkan clock komponen lain seperti PCIe dan SATA berubah yang mengakibatkan kerja komponen terganggu. Cara lain meng-overclock adalah dengan menaikkan multiplier prosesor namun cara ini hanya bisa dilakukan pada prosesor Intel seri “K” ( makanya beli yang seri K doonk).

Kalo dalam Intel type Sandy bridge yang lama menaikan BCLK tidak bisa dilakukan tapii . . kalo di Intel sandy bridge-E itu bisa dilakukan. trus gmn kemanannya terhadap hardware dan kinerja lainnya ?? tentunya itu sudah bisa diatasi oleh pihak Intel. Pada prosesor Intel Sandy Bridge-E, Intel memberikan perubahan pada cara meng-overclock prosesor yaitu adanya pilihan untuk mengubah multiplier BCLK. Nilai dasar BCLK sebesar 100 MHz dapat dikalikan dengan multiplier BCLK dengan besaran 1.0x (100 MHz), 1.25x (125 MHz), 1.66x (166 MHz), atau bahkan 2.5x (250 MHz).
Selain itu prosesor Intel Sandy Bridge-E juga dilengkapi nilai multiplier yang tidak dikunci. Pada Core i7 3960X dan Core i7 3930K nilai multiplier maksimal adalah 57. Sedangkan pada Core i7 3820 nilai multiplier maksimal adalah sebesar 43.

Platform

Prosesor Intel Sandy Bridge-E menggunakan soket prosesor tipe terbaru yaitu LGA2011 dengan jumlah pin lebih banyak dibandingkan prosesor Intel six-core generasi sebelumnya (LGA1366) maupun Sandy Bridge kelas mainstream (LGA1155). Di soket LGA2011 juga diperkenalkan metode baru untuk penguncian heatsink. Intel tidak lagi menggunakan metode push-pull pin melainkan menggunakan baut yang disekrup ke bracket soket prosesor.

 

Gambar di atas adalah blok diagram sistem Sandy Bridge-E dengan chipset terbaru, Intel X79. Chipset Intel X79 menyediakan dukungan 14 buah port USB 2.0, 6 buah port SATA (2 SATA 6Gbps port dan 4 SATA 3Gbps port), dan lainnya. Dukungan feature USB 3.0 ternyata masih belum diimplementasikan di chipset terbaru ini namun produsen motherboard tetap dapat menyediakan dukungan feature ini dengan menggunakan chipset tambahan.

Empat puluh jalur PCI Express 3.0 di prosesor Intel Sandy Bridge-E memungkinkan produsen motherboard untuk membagi-bagi jalur ini untuk konfigurasi multi-GPU. Beberapa konfigurasi jalur PCI Express di platform ini, seperti x16/x16/x8, x16/x8/x8/x8, dan x16/x8/x8/x4/x4. Oleh karena itu, tidak aneh jika Anda akan menjumpai motherboard dengan jumlah slot PCI Express yang tidak biasa. Konfigurasi multi-GPU yang didukung oleh platform ini adalah 4-way SLI (Scalable Link Interface) dan 4-way CrossfireX.

Sistem Pendingin

Untuk paket penjualan dari Intel Sandy Bridge-E tidak disertakan satu paket heasink fan dalam penjualan nya. tentunya hal seperti ini menjadi pengaryh tentunya untuk penggunna esthusiast yang kebanyakan mengganti pendinginnya (heatsink) dengan yang lebih baikdalam meredam panas. Lalu apakah intel tidak menyediakan pendingin untuk Intel Sandy bridge-E ? tentu saja intel tetap menyediakan heastink nya donk, namun di jual terpisah. Intel menyediakan dua jenis pendingin yaitu pendingin Air cooling dan pendingin Liquid Cooling System 

Sistem pendingin HSF lebih ditujukan untuk sistem yang bekerja di kondisi default alias tidak di-overclock. Sistem pendingin ini juga memiliki harga lebih murah dibandingkan sistem pendingin LCS yaitu kurang dari $20.
Sistem pendingin LCS ditujukan pengguna yang ingin mengutak-atik sistem Sandy Bridge-E mereka. Sistem pendingin LCS dari Intel ditawarkan dengan harga $85-$100.

Motherboard

tentunya menjadi pertanyaan yang sangat menarik, motherboard apa saja yang sudah disiapkan untuk menanti datangnya Intel Sandy Bridge-E ini, berikut list motherboardnya: 

Intel DX79SI.
ASUS Rampage IV Extreme. 
Gigabyte G1.Assassin 2. 
MSI X79A-GD65.

Makasih buat yang udah mau baca ni artikel atau apalah yang penting tulisan, jangan lupa komentar nya  . . oke

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...