Cari

this my BLOG

Kamis, 13 Oktober 2011

MSI GTX 460 HAWK talon Attack yang Garang dengan Triple Over Voltage

Tentunya menjadi hal sangat menarik jika sudah membicarakan VGA yang merupakan salah satu VGA yang merupakan ciri khas dari salah satu vendor yang ada di dunia. Banyak sekali ciri khas yang dimiliki oleh para vendor dalam mendesain VGA yang akan diluncurkan, kita ketahui untuk Saphire memiliki VaporX, ASUS memiliki DirectCU, dan masih banyak yang lainnya. namun untuk kali ini buat yang udah berkunjung di blog ini, anda akan melihat keunikan dari VGA yang diluncurkan oleh MSI, yaitu MSI GTX 460 HAWK Talon Attack. Segarang apakah VGA ini, langsung aja simak yang dibawah ini . .

MSI GTX 460 HAWK TALON ATTACK


Spesifikasi yang dimiliki VGA inisudah terjadi perubahan yang cukup signifikan jika dibanding dengan VGA yang diproduksi oleh Nvidia sendiri (referens card). mulai dari core cloc dan shader clock yang dimiliki oleh VGA ini oleh MSI dalam paketan yang bernama Hawk Talon Attack ini nilai dari core clock dan shader clock dinaikan (core clock naik 105Mhz, shader clock naik 301Mhz) untuk menunjang peforma yang lebih makimal.

PCB Layout . .

Lebih lengkap nya bisa dilihat di video ini . .


VGA ini menggunakan chipset GF104 40nm GPU yamg didasarkan pada arsitektur fermi. untuk harga yang di patok di indonesia sekitar 1,9 sampai 2,0 juta rupiah. sebenarnya dari pihak Nvidia sendiri untuk seri GTX 460 ini da yang memiliki ukuran 768Mb dan 1Gb, namun untuk yang seri HAWK dari MSI merupakan seri yang 1GB.  untuk type pendingin (HSF) yang digunakan adalah Twin Frozr 2 yang mrupakan bentuk pendingin unggulan yang merupakan type pendingin yang lebih sempurna dari type cyclone.
MSI GTX 460 Cyclone



untuk fitur-fitur yang dimiliki oleh seri HAWK sendiri adalah :
- kemampuan dalam melakukan overclock tiga tegangan (triple over voltage)
 Triple voltage sendiri merupakan langkah OC pada Memory voltage, GPU voltage dan PLL voltage. hal ini tentunya merupakan hal yang sangat menarik karena hanya dengan menggunakan sodtware MSI Aterburner user sendiri bisa melakukan OC tanpa harus masuk BIOS. mulai dari over voltage, sampai penambahan cloc mulai dari core, shader, bahkan memory clock pun bisa dilakukan hanya dengan aplikasi ini. sungguh impresiv . .


- untuk fitur selanjutnya adalah menempelnya HSF Twin Frozr 2 pada seri HAWK ini. Dengan menggunakan HSF ini dari pihak MSI memberi keterangan bahwa bisa menurunkan hingga 18 derajat Celcius lebih baik dari seri yang sebelumnya yaitu cyclone dan HSF ini juga lebih tenang. dengan kipas ukuran 8cm dua buah, HSF ini mampu mendinginkan GPU, memori, dan modul daya sekaligus. Untuk heat pipe yang dunakan sebanyak 4 buah yang merupakan teknologi super spipe dari MSI. HSF ini berbahan nikel-tembaga yang mampu dengan cepat mengusir panas dari GPU.

PCB yang digunakan merupakan Military Class Components
- Hi-C Cap menyediakan voltase GPU yang lebih tepat.
- SFC (Super Choke Ferrite): Kapasitas saat ini 30% lebih tinggi,   10% Peningkatan Efisiensi Daya.
- Semua CAP padat lebih lama umur. 
dari penamakan diatas MSI mnyediakan APS dan V check point


Mari kita liat segarang apa hasil OC dengan MSI Afterburner jika dibanding dengan MSI GTX 480, cekidot . . 

 OC 460 HAWk
spek yang dugunakan :
RAM Kingstons HyperX liquid colling ready H2O
core i7 980X 4,15 Ghz
HSF Corsair A70
Mobo MSI Big Bang Marshal
PSU Antec TPQ-1200W OC Version

Storage manggunakan SSD
VGA MSI GTX 460 HAWK dan MSI GTX 480

lebih lengkap nya untuk OC 460 Hawk dengan MSI Afterburner cek di video dari Linus berikut ini,
 

Untuk selanjutnya Video dengan VGA MSI 480 tanpa OC, cek it . .
 

Tentunya setelah melihat hasil test yang udah ada, kita cek hasil 3DMark vantage yang diperoleh oleh GTX 460 HAWK Vs GTX 480:
Triple Over Voltage

core, shader, and memory clock Overclocked

3DMark Vantage score MSI GTX 460 Hawk OC with MSI Afterburner
3DMark vantage score MSI GTX 480 no OC

KESIMPULAN

1. Kemampuan MSI GTX 460 HAWK dalam melakukan kinerja dengan tindakan OC yang dilakukan dengan MSI Afterburner menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh hampir setara jika dilihat dari GPU score yang diperoleh.
2. HSF Twin Frozr 2 memiliki kinerja yang sangat baik, selama pengetest an dengan menggunakan FurMark, suhu VGA saat Full load maksimal yang diperoleh adalah 50 derajat celcius, sedangkan untuk kondisi idle 30 derajat cekcius.
3. Dengan fitur yang sangat lengkap sebagai VGA pre OC, dimana terdapat 4 buah het pipe yang merupakan pipe dengan teknologi super pipe dari MSI sendiri, lalu dilengkapi dengan dua buah kipas PWM ukuran 8cm sangat membantu dalam membuang panas yang dihasilkan oleh memory, GPU, dan modul daya secara merata.
4. dalam kondisi OC dengan melakukan peningkatan voltase di mana terdapat 3 pilihan untuk melakukan OC terhadap voltase nya juga bisa dilakukan OC terhadap core, shader, dan memory clock 100-200Mhz.


jika anda memilih untuk menggunakan VGA ini, tentunya pilihan anda sangat tepat untuk VGA kelas mainstream. VGA ini bisa bersaing dengan VGA-VGA baru yang muncul pada kelas mainstrean dengan bekal HAWK nya ini.




Terima kasih kepada :
http://www.msi.com
http://www.jagatreview.com
http://gamexeon.com
http://forum.chip.co.id
http://www.guru3d.com















0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...