Cari

this my BLOG

Senin, 30 Januari 2012

Gigabyte GeForce GTX 580 SOC (Super Overclock)



Gigabyte adalah merupakan sebuah produsen dalam bidang hardware yang memiliki cirri khas warna biru laut. Dari produknya sendir seperti VGA dan Motherboard memiliki cirri khas warna PCB yaitu biru dan endekati biru laut. Namun warna itu adalah dari sgi keunikan yang dimiliki. Tapi untuk motherboard kelas high-end untuk warnanya juga beragam mulai dari orange (X58), hijau hitam (G1 Assassin, killer, dan sniper) dan Hitam untuk Z68 Extreme. Dalam hal memproduksi VGA Gigabyte juga memiliki peran yang sangat penting dan terkesan tidak main-main dalam memunculkan paketan ulang VGA (OEM) baik dari Nvidia maupun AMD. Berikut kita akan mebahas VGA paketan ulang Gigabyte (OEM) dari VGA Nvidia GTX 580 dengan nama Gigabyte GeForce GTX 580 Super Overclock. 



Gigabyte adalah merupakan sebuah produsen dalam bidang hardware yang memiliki cirri khas warna biru laut. Dari produknya sendir seperti VGA dan Motherboard memiliki cirri khas warna PCB yaitu biru dan endekati biru laut. Namun warna itu adalah dari sgi keunikan yang dimiliki. Tapi untuk motherboard kelas high-end untuk warnanya juga beragam mulai dari orange (X58), hijau hitam (G1 Assassin, killer, dan sniper) dan Hitam untuk Z68 Extreme. Dalam hal memproduksi VGA Gigabyte juga memiliki peran yang sangat penting dan terkesan tidak main-main dalam memunculkan paketan ulang VGA (OEM) baik dari Nvidia maupun AMD. Berikut kita akan mebahas VGA paketan ulang Gigabyte (OEM) dari VGA Nvidia GTX 580 dengan nama Gigabyte GeForce GTX 580 Super Overclock.

HSF dari VGA ini memiliki fitur yang sangat unik dari Gigabyte yaitu memiliki dua bios atau biasa disebut dengan Dual Bios. Untuk fitur yang lain adalah desain Ultra Durable seperti Proadlizers, 2 ons Tembaga PCB, top-tier memori GDDR5, Solid Capacitors, Core Ferrite, Chokes Logam dan Rendah RDS MOSFET. Untuk mendapatkan chip GPU terbaik, Gigabyte melakukan serangkaian proses pemilihan yang disebut GPU Gauntlet Sorting. Hanya chip GPU terbaik yang memenuhi persyaratan yang dapat digunakan untuk di graphics card Gigabyte seri “Super Overclock”. Chip GPU yang lolos proses seleksi di atas kemudian dipasangkan dengan PCB Ultra Durable VGA Plus. PCB yang telah dilengkapi feature Ultra Durable Plus menandakan PCB tersebut telah dilengkapi komponen-komponen seperti chip Proadlizer, 2oz Copper PCB, Tier 1 Samsung and Hynix Memory, Japanese Solid Capacitor, Ferrite Core/Metal Chokes, dan Low RDS (on) MOSFET.




Windforce adalah julukan heatsink yang digunakan oleh graphics card Gigabyte seri “Super Overclock” termasuk salah satunya Gigabyte GTX 580 SOC. Sedangkan huruf “3X” mengacu kepada jumlah kipas pada heatsink.


Gigabyte OC Guru merupakan aplikasi untuk meng-overclock graphics card Gigabyte seri “Super Over Clock”.

GeForce GTX 580 memiliki konsumsi daya maksimum 250 Watt, sehingga akan dibutuhkan penambahan daya dari PSU ke VGA tersebut dengan satu pin 8-dan satu 6-pin PCIe konektor PEG dari. 600 Watt akan cukup, tetapi tapi disarankan adalah PSU dengan daya 700W untuk memulai terutama dengan overclocking dalam kondisi single card bukan SLI. Jika menggunakan SLI pastikan pasokan daya yang tersedia di PSU lebih dari 700 watt.




Ada banyak hal yang terjadi di bagian belakang kartu. Di atas Anda bisa melihat NEC "Proadlizers" (Prompt, Broadband, Stabilizer) kapasitor yang menawarkan peringkat kapasitansi tinggi. Pada dasarnya mereka memberikan kekuatan sinyal stabil yang bersih menciptakan stabilitas lebih baik dan lebih potensial overclock.



GV-N580SO-15I dilengkapi dengan teknologi GIGABYTE dual Ekstrim BIOS, tekan tombol ini dan Anda akan beralih ke BIOS kedua (tekan kembali, agar kembali ke BIOS pertama). Dengan menekan tombol tersebut maka akan mengaktifkan BIOS kedua dengan kinerja ekstrim. Tidak ada perbedaan di antara modus BIOS 1 dan 2 pada kartu kita sekalipun. Keduanya tampaknya memiliki BIOS yang ekstrim, yang merupakan pabrik overclock, tegangan sedikit lebih tinggi dibandingkan pendingin yang baik dan operasi diam.

Spesifikasi inti Uji Sistem i7
- Intel Core i7 965 Extreme Edition (Overclocked@3.70GHz)
- X3 2GB DDR3 PC3 G. Skill-12800 (CAS 8-8-8-20)
- Asus P6T Deluxe (Intel X58)
- OCZ ZX Series (1250w)
- Krusial RealSSD C300 256GB (SATA 6Gb / s) 

TESTING





Meskipun memiliki kinerja Oveclocking yang ekstrim, GTX 580 SOC hanya terus berpacu dengan render standar GTX 580 rata-rata 32fps di 2560x1600. Overclock memungkinkan untuk meningkatkan kinerja 9% mengirimkan frame rate rata-rata 35fps.



untuk seri OC ini dilakukan overclock dan meningkatkan kinerja 8% lebih ketika pengujian dengan Battlefield: Bad Company 2 di 2560x1600, menarik rata-rata 55fps. Dengan menaikan sekitar 15% secara manual overclocking kartu, diperoleh 24% lebih cepat daripada GTX 580 reference.




Dengan rata-rata 93fps, GTX 580 SOC mencapai 8% dari meningkatkan model referensi ketika menjalankan Black Ops di 2560x1600. Sayangnya, dengan mencoba overclocking manual hanya menyediakan kinerja 2% lebih.



Menariknya, unit SOC tidak memperbaiki kinerja non-overclock GTX 580 di DIRT 3, tapi kebiasaan kami overclock menghasilkan peningkatan 14% sehat.



Hasil di Metro 2033 adalah layak, tapi tidak ada yang spektakuler: pabrik overclock kartu adalah 6% lebih cepat dari unit referensi, sedangkan kartu secara manual tweak naik 8% lainnya



Konsumsi Daya & Suhu

Bila dibandingkan dengan GTX 580 standar, Gigabyte Model SOC dikonsumsi listrik 9% lebih di bawah beban sementara sedikit kurang siaga. Overclock kami meningkat beban listrik oleh orang lain 2% sementara konsumsi menganggur tetap sama. Meskipun mereka suara meningkat nominal, mereka menempatkan tingkat konsumsi kartu tepat di bawah dual-GPU Radeon HD 6990 dan akhirnya membuat GTX 580 kartu GPU tunggal paling haus kekuasaan yang pernah kita diuji



Luar biasa, meskipun begitu banyak menenggak listrik, pendingin kustom Gigabyte GTX 580 terus SOC di hanya 63 derajat ketika di bawah beban penuh, belum lagi fakta bahwa itu sangat tenang. Dibandingkan dengan run-of-the-mill GTX 580, GTX 580 SOC manual overclock lebih dingin 19% (66 derajat) dan lebih enak di dengar.


KESIMPULAN.

Ciri khas graphics card seri “Super Overclock” dengan kinerja kencang, komponen berkualitas, dan feature berlimpah kembali berhasil dihadirkan oleh Gigabyte pada produk terbarunya Gigabyte GTX 580 Super Overclock (SOC). Dengan spesifikasi clock yang ditawarkan, Gigabyte GTX 580 SOC siap memanjakan penggunanya dengan kinerja di atas kinerja rata-rata NVIDIA GTX 580 tanpa perlu susah payah melakukan overclocking.
Kinerja keseluruhan Gigabyte GTX 580 SOC tergolong memuaskan dengan peningkatan kinerja kurang lebih sekitar 9% di atas kinerja NVIDIA GTX 580 reference pada pengujian game. Bahkan saat di-overclock Gigabyte GTX 580 SOC masih mampu melesat lebih kencang lagi dengan peningkatan kinerja kurang lebih sekitar 9% juga. Monitor dengan resolusi gambar 1920×1080 dan di atasnya merupakan pasangan cocok bagi graphics card kelas high-end ini. Apalagi graphics card ini juga dilengkapi memori berkapasitas besar sehingga cocok digunakan untuk bermain game di resolusi gambar dan kualitas grafik tertinggi.
Komponen berkualitas dan feature berlimpah memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi dan memang wajib hadir di graphics card Gigabyte seri “Super Overclock”. Beberapa feature tampaknya ditujukan untuk kalangan overclocker seperti hadirnya feature Extreme Dual BIOS. Komponen berkualitas yang digunakan graphics card ini pun tampaknya ditujukan agar graphics card ini siap menghadapi extreme overclocking.
Secara keseluruhan, produk Gigabyte GTX 580 SOC ini tergolong memuaskan. Kabel mini-HDMI to HDMI merupakan nilai tambah tersendiri pada paket penjualan graphics card ini. Gamer kelas berat maupun pengguna biasa dapat mempertimbangkan Gigabyte GTX 580 SOC ini untuk hadir di sistem gaming mereka. Tidak hanya itu, overclocker pun dapat mempertimbangkan graphics card ini mengingat terdapat beberapa feature yang memang dikhususkan untuk overclocker.

Kelebihan

  • Kencang.
  • HSF 3rd Windforce 3X.
  • Komponen graphics card, Ultra Durable VGA Plus.
  • Temperatur kerja cukup rendah.
  • Bonus kabel mini-HDMI to Full-size HDMI.
  • Suara kipas tergolong cukup hening.

Kekurangan

  • Voltage Read Point berupa titik solder terkadang menyulitkan pada saat pengukuran.
Gigabyte GTX 580 Super Overclock
  • Produsen : Gigabyte
  • Info : www.gigabyte.com
  • Harga : US$ 585 (per 20 Juli 2011)
  • Distributor Indonesia : PT. Nusantara Jaya Teknologi
  • Telepon : (021) 6018218
DATA TEKNIS
  • Chip : NVIDIA GTX 580
  • Interface : PCI Express 2.0 x16
  • Memory Size : 1536 MB
  • Core Clock : 855 MHz
  • Shader Clock : 1710 MHz
  • Memory Clock : 4100 MHz
  • Stream Prosesor : 384
  • D-Sub Output : Ada (Dengan Konverter DVI to D-Sub)
  • DVI Output : Ada (2 Buah)
  • HDMI Output : Ada (mini-HDMI)
  • Display Port Output : Tidak Ada
  • Memory Type : GDDR5
  • Memory Interface : 384-bit
  • Perlengkapan : User’s Manual, Warranty Card, Driver Disc, Molex to 6-pin power converter, Molex to 8-pin power converter, DVI to D-Sub display converter, dan mini-HDMI to HDMI Cable.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...